Home / Daerah / Batam / IN HOUSE TRAINING (IHT) Pertemuan Ilmiah Siswa Penulisan Karya Tulis Remaja (KIR) SMPN 6 Batam
Kepsek SMPN 6 Batam Wagiyem memberikan pengarahan Ke Siswa

IN HOUSE TRAINING (IHT) Pertemuan Ilmiah Siswa Penulisan Karya Tulis Remaja (KIR) SMPN 6 Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Usai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS), SMPN 6 Batam gelar berbagai kegiatan class meeting. Sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah rujukan, salah satu kegiatan class meeting yang unik adalah IN HOUSE TRAINING (IHT) pertemuan ilmiah siswa penulisan karya tulis remaja (KIR) SMPN 6 batam, bertempat di aula SMPN 6 Batam, senin (11/12/17).

Materi IHT KIR dibina langsung oleh kepsek SMPN 6 Batam, Wagiyem, S. Pd, MM sebagai narasumber diikuti 60 siswa terpilih. Mengawali kegiatan tersebut, Samsilah, guru Bahasa Indonesia kelas 9 SMPN 6 Batam memaparkan bahwa tujuan dari IHT KIR adalah membekali siswa supaya siswa di jenjang sekolah selanjutnya maupun dalam situasi apapun nantinya tahu bagaimana cara menulis sebuah karya ilmiah dan tahu manfaatnya.

Dengan tema karya ilmiah, menciptakan masa depan pada hari ini, Wagiyem memaparkan dalam pembinaannya bahwa apapun bisa jadi bahan untuk ditulis, dan sebuah karya ilmiah tidak diperkenankan menjiplak (plagiat) dari sumber lain, harus keluar dari ide dan penelitian sendiri dari si penulis. Ada poin umum yang harus dibuat oleh siswa dalam tahap dalam penulisan karya ilmiah, yakni pendahuluan, latar belakang, perumusan masalah, dan kesimpulan.

Wagiyem mengatakan bahwa manfaat adanya penulisan, bahwa kedepannya akan tampak /tercatat suatu peristiwa yang telah terjadi sebagai sumber pengetahuan generasi yang akan datang.

Kepada Hangtuah Pos saat pelatihan siswa, Samsilah mengatakan bahwa di SMPN 6 Batam memang memiliki ekskul KIR sebagai salah satu program sekolah rujukan. Dan pesertanya merupakan pilihan dari wali kelas yang dinilai tertarik dengan hal penulisan karya ilmiah. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut kata Samsilah agar siswa alumni SMPN 6 Batam betul-betul memiliki kualitas dalam hal menulis khususnya karya ilmiah sekaligus akan digelar juga lomba literasi, yakni lomba menceritakan kembali apa yang sudah mereka baca sebelumnya di hari rabu dan kamis, 13-14 desember 2017, dan juara pertamanya akan diangkat sebagai Duta Literasi Sekolah. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *