Home / Pendidikan / Hijrah 1 Muharram, Hijrah dari Sifat Tak Terpuji
Rangkaian kegiatan tausiyah muharraman SDN 001 Batam Kota jumat (22/9/17)

Hijrah 1 Muharram, Hijrah dari Sifat Tak Terpuji

Dari Peringatan 1 Muharram 1439 H SDN 001 Batam Kota

HANGTUAHNEWS.CO.ID, [Batam] – Tahun baru hijriyah 1 muharram 1439 H yang jatuh pada hari kamis (21/9/17) serempak diperingati oleh sekolah-sekolah di Kota Batam dengan gelaran tausiyah Muharram. Ada yang memperingatinya di hari jumat (22/9/17), ada juga yang memperingatinya di hati sabtu (23/9/17).

Rangkaian kegiatan tausiyah muharraman SDN 001 Batam Kota jumat (22/9/17),

Khusus di SDN 001 Batam Kota gelar tausiyah muharram pada hari jumat (22/9/17) pukul 7 pagi, yang diikuti oleh 940 siswa kelas 1 – 6, dewan guru dan kepsek. Dalam kesempatan tersebut, kepsek SDN 001 Batam Kota Yendri Sarman menyampaikan, bahwa SDN 001 Batam Kota ditetapkan sebagai sekolah percontohan, sehingga ia menghimbau kepada semua pihak sekolah baik siswa maupun seluruh warga lingkungan sekolah untuk meningkatkan dan mempertahankan kebersihan sekolah. Hal kedua ia menyampaikan agar siswa yang tinggal di kampung balai kolam dan kuburan sekitar sei panas agar saat pulang sekolah dan menyeberang jalan di dekat gerbang sekolah, tidak di dekat pertigaan jalan patung kuda sei panas yang sangat ramai kendaraan berlalu lalang. Dikatakannya untuk menghindari insiden kecelakaan beberapa waktu lalu tidak terulang kembali. Hal ketiga, ujian penilaian pertengahan tahun akan dilaksanakan awal oktober sehingga ia menghimbau siswanya untuk mempersiapkan diri.

Rangkaian kegiatan tausiyah muharraman SMPN 4 Batam (kiri) dan SMAN 1 Batam (kanan) jumat (22/9/17)

“Tausiyah kita hari ini akan membahas tentang hijrah dari sifat yang pemalas menjadi rajin, dan saya harap kita semua tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” pungkas Yendri.

Sebelum tausiyah diberikan oleh ustad Mahmudin, S. Pd.i dari SMP Ulil Albab batam, digelar persembahan rebana oleh siswa kelas 6 SDN 001 Batam Kota. Usai tampilan rebana, dalam tausiyahnya, Mahmudin mengingatkan agar siswa bila kelak telah berhasil, siswa tetap mengingat jasa gurunya. Dan dalam hal mengingat perjalanan hijrah Rasulullah SAW dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dikatakannya bahwa hikmah hijrah muharram untuk siswa agar menghilangkan sifat kurang terpuji, diantaranya sifat kurang teliti, kurang disiplin, dan kurang rapi. Ia juga menyebutkan bulan-bulan di tahun hijriyah yang dimuliakan oleh Allah, yakni muharram, rabiulawal, rajab, syaban,ramadhan, syawal, dan dzulhijjah. Hal lain ia pun mengangkat kisah nabi adam yang memakan buah khuldi, ijabah doa nabi yunus saat dimakan ikan paus, dan ditutup dengan inti muharraman, yakni bermunajad kepada Allah agar di tahun baru Hijriyah 1439 H, semua pihak mempunyai semangat yang baru menuju perubahan ke yang lebih baik.

Baca Juga  Grup Drum Band Gema Musika Bertuah SDN 008 Sungai Beduk Meramaikan Peringatan 1 Muharram 1439 H

Acara muharraman ditutup dengan doa dan pengumuman dari pihak sekolah bahwa SDN 001 Batam Kota berhasil mengirinkan infaq untuk etnis rohingya sebesar Rp. 3.410.000.

Dari pantauan lapangan, di beberapa sekolah lain yang juga menggelar tausiyah muharram pada hari itu juga antara lain SMPN 4 batam yang ditausiyahi oleh ustad Iskandar dari SDN 01 batu ampar, serta SMAN 1 batam, yang ditausiyahi oleh Ustad Ahmad Sutarman dari batu aji. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *