Home / Pendidikan / Hari Raya Idul Adha, Pembelajaran Siswa Makna Berkurban

Hari Raya Idul Adha, Pembelajaran Siswa Makna Berkurban

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Momen hari raya idul adha senin (12/9) lalu menjadi momen penting bagi umat islam seluruh dunia. Sebagian besar lembaga pendidikan pun turut merayakannya di hari selasa (13/9).

Begitu juga kurban di SDN 05 Sei Beduk, selasa (13/9), momen tersebut dalam rangka mengajari siswa belajar kurban dan mengetahui apa maknanya. “Tiap siswa donasi Rp. 5000 sejak 10 bulan yang lalu, kita kurban 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing, menjadi 63 paket dan didistribusikan kepada siswa yang tidak mampu dan fakir miskin/yatim piatu siswa muslim, per siswa mendapat 7 ons, sisanya dimasak bersama. Ada tausiyah kurban oleh guru agama setelah penyembelihan, yang memberikan pengertian bahwa donasi bersifat membantu siswa yang tidak mampu, dan kurban tahun ini perdana bagi kami,” terang Anwar, kepsek SDN 05 Sei Beduk kepada Hangtuah Pos beberapa waktu lalu.

Sedangkan di SDN 07 Batam Kota berkurban 3 ekor kambing, donasi dari siswa dan wali murid. “Pengumpulan dana donasi sejak sebulan sebelum kurban dengan program infaq siswa, distribusi ke anak yatim dan dhuafa, sebanyak 90 bungkus.

Ini merupakan pembelajaran untuk siswa peduli dengan sesamanya, tahun lalu kita kurban 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing, mudah-mudahan tahun depan bisa kurban sapi 1 ekor dari wali murid, 2 ekor dari siswa,” ujar Fariq Suhadi, guru agama SDN 07 Batam kota.

Untuk SMP Nurul Jadid, pelaksanaan kurban dilaksanakan usai shalat ied berjamaah di masjid Al Fudhola Nurul Jadid, senin (12/9). “Alhamdulillah tahun ini kita kurban 6 ekor sapi, 8 ekor kambing, plus 3 ekor kambing lagi adalah aqiqoh warga, donasi semua dari warga sekitar komplek bengkong laut, semuanya menjadi 600 bungkus dan dibagikan kepada warga kurang mampu,” ungkap Yaya Rukoyah, wakasek SMP Nurul Jadid. (dian)

Baca Juga  Yayasan Habibullah Batam Bagi Beras dan Daging Kurban ke Hinterland

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *