Home / Internasional / Hancurkan ISIS, Trump Janji Kerja Sama dengan Sekutu Muslim
Donald Trump saat menyampaikan pidato pertama di hadapan Kongres AS

Hancurkan ISIS, Trump Janji Kerja Sama dengan Sekutu Muslim

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya di hadapan Kongres AS. Dalam pidatonya ini, Trump menegaskan janjinya untuk menghancurkan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Seperti dijanjikan, saya telah memerintahkan Departemen Pertahanan untuk mengembangkan rencana memusnahkan dan menghancurkan ISIS – jaringan orang-orang biadab yang mengingkari hukum yang telah membantai muslim dan juga penganut kristen dan para pria, wanita dan anak-anak dari seluruh keyakinan dan aliran kepercayaan,” terang Trump di hadapan Kongres AS, seperti dilansir AFP, Rabu (1/3/2017).

“Kita akan bekerja sama dengan sekutu-sekutu kita, termasuk rekan dan sekutu di dunia muslim, untuk memusnahkan musuh jahat ini dari planet kita,” tegasnya.

Wakil Presiden Mike Pence, Ketua DPR AS Paul Ryan, Ibu Negara Melania Trump dan para anggota Kongres AS hadir dalam penyampaian pidato ini.

Dalam pidatonya seperti dilansir Reuters, Trump juga mengutarakan peningkatan jumlah anggaran pertahanan AS. Peningkatan ini disebutnya untuk membangun kembali militer AS. Trump mengklaimnya sebagai salah satu peningkatan anggaran pertahanan terbesar dalam sejarah AS.

“Anggaran saya juga akan meningkatkan pendanaan untuk veteran kita. Veteran kita telah berkontribusi bagi negara ini dan sekarang kita harus berkontribusi untuk mereka,” ujar Trump. Saat membahas kebijakan luar negeri, Trump menegaskan ‘kemitraan tak tergoyahkan’ dengan Israel.

Isu lain yang dibahas Trump adalah persoalan imigrasi, dengan menjanjikan reformasi aturan imigrasi AS. Posisi ini sedikit bergeser dari retorika kampanyenya yang keras dan radikal mengenai imigrasi. Trump menyebut reformasi aturan imigrasi bisa menaikkan upah dan membantu keluarga kelas menengah.

“Saya meyakini bahwa reformasi imigrasi yang nyata dan positif dimungkinkan terjadi, selama kita fokus pada tujuan-tujuan berikut: untuk meningkatkan pekerjaan dan upah warga Amerika, untuk memperkuat keamanan bangsa, dan untuk memulihkan penegakan hukum,” cetusnya.

Baca Juga  Nasib Apple Setelah Trump Menjadi Presiden

Tidak lupa, Trump kembali menyinggung soal pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko. Dia menjanjikan pembangunan tembok perbatasan itu akan segera dimulai. Jika sebelumnya Trump bersikeras agar Meksiko membayar tembok itu, kali ini, dia tidak menyinggung soal itu sama sekali.

Dalam pidatonya, Trump juga menekankan keinginannya untuk meningkatkan perekonomian AS dengan reformasi pajak, mengajukan proposal investasi senilai US$ 1 triliun dalam bidang infrastruktur, dan menyerukan Kongres AS untuk mencabut serta mengganti aturan layanan kesehatan era Presiden Barack Obama, atau yang biasa disebut Obamacare. (dtk)

About admin

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *