Home / Wisata / Gedung Gonggong Ikon Wisata Tanjung Pinang

Gedung Gonggong Ikon Wisata Tanjung Pinang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Mendengar kata “GONGGONG”, pasti dibenak anda langsung membayangkan salah satu jenis hewan laut bercangkang yang identik dengan Kepulauan Riau. Oleh masyarakat melayu, Gonggong juga dapat diolah menjadi menu yang lezat dan sangat disukai oleh masyarakat melayu, wisatawan domestik maupun mancanegara. Dan gonggong adalah salah satu masakan khas yang hanya ada di Kepulauan Riau.

Namun bagaimana perasaan anda jika menjumpai Gonggong Raksasa? Jika anda berkunjung ke kota Tanjung Pinang, anda akan menjumpai sebuah gonggong raksasa, tepatnya di daerah Tepi Laut kota Tanjung Pinang. Gonggong tersebut merupakan sebuah bangunan yang saat ini menjadi tempat tujuan wisata nonbahari yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Khususnya wisatawan lokal di Kepulauan Riau karena bentuk bangunannya nya yang unik. Sesuai dengan bentuknya, gedung tersebut dinamai Gedung Gonggong.

Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, menetapkan Gedung Gonggong sebagai ikon kepariwisataan. Gedung Gonggong dilengkapi dengan fasilitas rapat bagi para pengusaha. Di Gedung Gonggong juga terdapat fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan publik. Gedung ini juga terdapat ruangan untuk dijadikan semi pusat bisnis. Jika ada rapat, para pengusaha dapat menggunakan fasilitas tersebut.

“Fasilitas yang tersedia menghasilkan uang, yang digunakan untuk biaya operasional sehingga tidak membebankan APBD, Pembangunan Gedung Gonggong sebagai wujud dari komitmen saya bersama Pak Syahrul (Wakil Wali Kota Tanjungpinang), dipersembahkan kepada masyarakat,” ujar Wali Kota Tanjung Pinang, Lis Darmansyah.

Lis Darmansyah juga mengatakan, saat mulai dibangun, Gedung Gonggong ditetapkan sebagai yang paling diprioritaskan pembangunan-nya meski saat itu kondisi keuangan Pemerintah kota Tanjungpinang defisit. Gedung Gonggong dibangun dengan tujuan sebagai Tourist Information Center (TIC) atau pusat informasi bagi wisatawan. Gedung ini juga menjadi pusat menawarkan investasi dan pengembangan di Kota Tanjungpinang.

Baca Juga  HUT ke 15: Berpikir Cerdas, Bekerja Ikhlas Menuju Kota Tanjungpinang Gemilang

Pembenahan tempat wisata selanjutnya yang menjadi target Pemerintah Kota Tanjung Pinang di tahun 2017 ini adalah Pulau Penyengat yang berada persis di seberang Gedung Gonggong. Salah satunya membangun Dermaga Pulau Penyengat.

“Di kiri dan kanan dermaga ada ruang terbuka hijau dan sebagai sarana perparkiran becak,” kata Lis Darmansyah. Selain itu, kata dia di Pulau Penyengat juga akan dibangun gedung dengan konsep wisata yang diberi nama Embung Fatimah.

“Kami bangun di depan Balai Adat yang akan dijadikan sebuah ornamen budaya, sehingga Pulau Penyengat sebagai warisan budaya melayu, inilah yang akan ditonjolkan kembali,” ucapnya. (s/w)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Provinsi Kepri Ditargetkan Menjual 500 Paket Wisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Provinsi Kepulauan Riau ditargetkan menjual 500 ribu paket wisata dalam program hot deal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *