Home / Wisata / Festival Sungai Enam, Tingkatkan Kunjungan Wisata dengan Menggelar Berbagai Event
Bupati Bintan, Apri Sujadi. (foto:net)

Festival Sungai Enam, Tingkatkan Kunjungan Wisata dengan Menggelar Berbagai Event

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Festival Sungai Enam adalah salah satu kegiatan yang selalu diadakan secara berkala oleh masyarakat Kelurahan Sungai Enam, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan. Festival Sungai Enam rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 4 November 2017 mendatang yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan dengan Kelurahan Sungai Enam, Kijang. Selain untuk menyemarakkan dan melestarikan seni kebudayaan melayu, dengan diselenggarakannya kegiatan festival ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Bintan.

“Berbagai kegiatan dalam Festival Sungai Enam diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan dan melestarikan seni dan budaya Melayu Kabupaten Bintan,” ujar Lurah Sungai Enam, Indra Gunawan, Selasa pagi (31/10/2017).

Dalam festival kali ini, pihak penyelenggara akan menggelar berbagai event yang merupakan seni dan budaya asli daerah. Beberapa event tersebut seperti lomba balap pompong, lomba pompong hias, lomba gasing, penampilan kuliner otak – otak, makanan khas Melayu, penampilan Makyong, joget Dangkung dan juga kuda lumping.

“Nantinya masyarakat dapat menikmati hampir seluruh pertunjukan seni dan budaya Melayu Kabupaten Bintan. Insya Allah, kegiatan akan dimulai dari pagi hari dan malamnya akan ada pelantikan Dewan Kesenian Kabupaten Bintan serta hiburan artis dari Ibukota,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan, Apri Sujadi, menyambut baik diadakannya Festival Sungai Enam ini. Dirinya mengatakan bahwa Kabupaten Bintan memang memiliki kekhasan seni dan budaya Melayu tersendiri di setiap daerahnya. Di bidang Seni Tari, Tarian Mak Yong yang ada di Kecamatan Mantang bahkan sudah sangat populer di Indonesia. Sedangkan Kelurahan Sungai Enam, amat terkenal sebagai sentra kuliner Otak-otak.

“Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan memang kita dorong untuk bagaimana agar Bidang Pemuda, Bidang Olahraga, dan Bidang Seni dan Budaya yang ada di Kabupaten Bintan bisa kembali bangkit. Festival Enam ini, tentunya menjadi salah satu hal yang positif bagi perkembangan dunia seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bintan,” tutupnya.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tahun 2018, 70 Persen Even Wisata Batam Berskala Internasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Event merupakan salah satu pilar yang tak kalah penting dalam pengembangan pariwisata. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *