Home / Budaya / Festival Bahari ”Sail Selat Karimata”

Festival Bahari ”Sail Selat Karimata”

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjung Pinang – Masyarakat Kepri secara umum diharapkan dapat berpartisipasi dan berperan aktif untuk mendukung dan mensukseskan Sail Selat Karimata, khususnya pada Festival Bahari Kepri yang dipusatkan di Kota Tanjungpinang.

Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat memberikan sambutan terkait persiapan Festival Bahari Kepri dalam rangka Sail Selat Karimata tahun 2016 di Gedung Daerah, Rabu (14/7).

Selain dukungan dari seluruh elemen masyarakat, kesuksesan Festival Bahari Kepri dalam rangka Sail Selat Karimata juga bisa diwujudkan dengan dukungan seluruh stakeholder teknis yang terkait dengan penyelenggaraan acara, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan kota Tanjungpinang serta dukungan dari instansi vertikal lainnya. selain itu Provinsi kepulauan Riau memang dikenal sebagai destinasi wisata bahari yang memiliki keindahan alam yang masih natural.

“Seluruh potensi dan destinasi wisata bahari yang ada di Kabupaten dan Kota yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Kepri harus berbenah serta ikut mendukung suksesnya acara Sail Selat Kalimata ini”, pinta Nurdin Basirun.

Seperti diketahui Sail Selat Karimata 2016 adalah program tahunan yang digagas pemerintah pusat dan sudah berlangsung sejak tahun 2009. Pada tahun 2016 ini pelaksanaan Sail Selat Karimata dilaksanakan secara bersama dengan melibatkan empat provinsi yaitu Kalimantan Barat, Jambi, Bangka Belitung dan Kepri. Provinsi Kepri dan Bangka Belitung akan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Festival Sail Selat Karimata. Khusus Provinsi Kepri, penyelenggaraan Festival Sail Selat Karimata ini dikemas dalam rangkaian beberapa event yang dirangkum dalam sebuah tema Festival Bahari Kepri.

“Kepri akan menjadi tuan rumah bagi seratus yachter yang mengikuti Sail Selat Karimata ini. Hal ini menjadi momentum memperkenalkan destinasi dan keramah tamahan masyarakat Kepri kepada wisatawan mancanegara, untuk itu perlu dukungan dan kerja keras kita untuk mensukseskan Festival Bahari Kepri”, jelas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti saat menyampaikan persiapan pelaksanaan rangkaian kegiatan pada Festival Bahari Kepri.

Lebih lanjut dijelaskan, pada Festival Bahari Kepri, akan ada beberapa pertunjukan khusus yang nantinya akan disajikan dan disaksikan oleh Presdien RI Joko Widodo.

Rangakaian kegiatan tersebut diantaranya, pada tanggal 29 Oktober adalah event puncak Festival Bahari Kepri yang pada sore harinya akan digelar Orkestra Senja di halaman Gedung Tourits Informarion Center (TIC) Kota Tanjungpinang atau gedung gongong di Pelataran Tepi Laut Jalan Hang Tuah.

Baca Juga  Festival Bahari Dijamin Menarik

Dilanjutkan pada malam harinya (29/10) akan dilaksanakan event Festival Sungai Cahaya yaitu iringan parade kapal hias yang akan melintasi di Tepi Laut Tanjungpinang dihadapan Presiden RI Joko Widodo dan rombongan serta masyarakat yang hadir.

Puncaknya langit Kota Tanjungpinang akan dihiasi ribuan lentera udara yang diterbangkan dari kawasan Rimba Pinang Marina Jalan Gudang Minyak. Di sana peran serta masyarakat akan dilibatkan melepas ribuan lentera ke udara sebagai simbol keharmonisan, kerjasama dan kermah tamahan warga menyambut Festival Bahari Kepri ini.

Adapun seluruh rangkaian kegiatan Festifal Bahari Kepri akan dimulai sejak tanggal 20 Oktober, diawali dengan Kegiatan Eco Heroes yakni kegiatan gotong royong massal melibatkan 1200 anggota kelompok sadar wisata dan aparat keamanan dari anggota TNI dan Polri.

Selanjutnya pada tanggal 21-23 Oktober diselenggarakan Drgon Boat Race di kawasan jembatan Sungai Carang Tanjungpinang. Diteruskan pada tanggal 26-30 Oktober dilaksanakan Wonderful Indonesia Sailing yang diikuti 100 kapal yacht asing yang akan melayari perairan Kepri dan finish di depan Pulau Penyengat. Pada tanggal yang sama bertempat di lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang juga dilaksanakan pameran Wonderful Kepri Expo yang menampilkan produk UKM, Pariwisata dan Maritim.

Pada tanggal 28 Oktober dilaksanakan Semintar Nasional Wisata Bahari oleh Kementerian Pariwisata RI di Tanjungpinang, diteruskan sore harinya alkan digelar iven Kepri Carnival dengan tema Kultur Bahari.

Pada tanggal 29 Oktober adalah puncak acara yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Menurut Kepala Bappeda Provinsi Kepri, Naharudin puncak acara ini akan dipusatkan di Gedung TIC Kota Tanjungpinang Jalan Hang Tuah Tepi Laut. Mengingat secara historis kejayaan Kerajaan Riau Lingga terjadi di kawasan ini dan pemandangan sunset dari tempat ini juga sangat indah jelasnya.

“Dan pada tanggal 30 Oktober akan dilaksanakan Traditional & Modern Games yang akan melibatkan masyarakat serta wisatawan. Itulah rangkaian yang akan digelar selama Festifal Bahari Kerpi pada bulan Oktober ini, tutup Naharudin selaku Ketua Umum Festifal Bahari Kepri. (kepri.travel)

About admin

Lihat Juga

Apresiasi Anugerah Batam Madani 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai wujud apresiasi pemerintah kota Batam kepada 10 tokoh yang membawa pengaruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *