Home / Budaya / Festival Bahari Dijamin Menarik

Festival Bahari Dijamin Menarik

HANGTUAHNEWS.CO.ID  Parade Drumband dan Festival Gurindam 12 merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan pada setiap even Festival Sungai Carang (FSC). Sempena menyemarakan Festival Bahari Kepri (FBK) yang merupakan rangkaian Sail Karimata 2016. Dua kegiatan tersebut menjadi sesuatu yang menarik untuk disaksikan.

“Disetiap kali digelarnya FSC, Parade Drumband dan Festival Gurindam 12 selalu digelar. Kali ini tentu akan terasa istimewa, karena masuk dalam rangkaian FBK,” ujar Koordinator Kegiatan Festival Gurindam 12 dan Parade Drumband, Socrates, kemarin (1/9).

Menurut Socrates, pihaknya akan menyajikan sesuatu yang berbeda. Masih kata Socrates, kegiatan tersebut tentunya menjadi media edukasi kepada masyarakat dan generasi penerus. Dijelaskannya, ada tujuan dibalik digelarnya kedua kegiatan tersebut yakni mengingatkan generasi penerus, khususnya para pelajar tentang pentingnya menjaga tradisi.

“Dengan turun langsung dan menyaksikan FSC ini, saya kira pelajar akan tahu arti sejarah dan kebudayaan Melayu. Sehingga kedepan mereka juga akan ikut menjaganya,” jelasnya.

Sementara itu, terkait Parade Drumband, FSC tentunya menjadi wadah untuk menuangkan kreativitas dan keterampilan pelajar. Apalagi setiap sekolah di Tanjungpinang baik Negeri maupun Swasta memiliki kelompok drumband. Sehingga kegiatan ini bisa menjadi laluan bagi mereka untuk terus berkarya kedepannya.

“Kita ingin menjadikan kegiatan-kegiatan ini sebuah tradisi yang terus dijaga secara turun temurun. Khususnya untuk melestarikan Gurindam 12,” tutup Socrates.

Sementara itu, budayawan Kepri, Rida K Liamsi mengatakan semangat untuk menjaga tradisi Gurindam 12 harus terus ditanamkan. Menurutnya, baik FSC ataupun FBK nanti tujuannya tetap sama. yakni ingin membangkitkan kembali semangat dan kreativitas generasi penerus. Seperti mempertahankan tradisi gurindam 12.

“Ada seni tersendiri pada Festival Gurindam 12. Meskipun festivalnya sangat sederhana, akan tetapi menggerakan semangat kreativitas anak muda. Berikan tempat untuk anak muda, sehingga bisa menjaga tradisi. Roh seperti inilah yang harus dipertahankan. Membangun spirit, memahami sejarah, maka akan membangun tradisi,’ ujar Rida.

Baca Juga  Festival Bahari ”Sail Selat Karimata”

Seperti diketahui, Parade drumband dan Festival Gurindam 12 akan digelar 24-25 Oktober mendatang. Pada rangkaian FBK nanti, juga akan diwarnai oleh Parade Kapal Sungai Carang di malam hari, Panggung Penyair, Kepri Carnival, Dragon Boat Race, Wonderfull Kepri Expo. Selain itu ada juga Wondefull Indonesia Sailling (WIS) dilakoni kapal-kapal yacht luar negeri.***

About admin

Lihat Juga

Apresiasi Anugerah Batam Madani 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai wujud apresiasi pemerintah kota Batam kepada 10 tokoh yang membawa pengaruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *