Home / Daerah / Bintan / Event Wisata Bintan Yang Masuk Kalender Wisata Nasional 2018
Bintan Moon Run, Salah satu even Wisata Bintan yang masuk kalender Wisata Nasional.

Event Wisata Bintan Yang Masuk Kalender Wisata Nasional 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Kementerian Pariwisata menetapkan tujuh kegiatan pariwisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, dalam Kalender Nasional 2018. Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan kegiatan pariwisata yang masuk kalender nasional, yakni Chinese New Year Festival, Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Ironman 70.3 Bintan, Bintan Golf Challenge, Bintan Moon Run, dan Spartan Race Bintan.

“Pemerintah pusat memberi perhatian khusus terhadap pengembangan pariwisata di daerah pesisir, seperti Bintan. Daerah ini sangat fantastis,” kata Apri yang menghadiri Launching Calender of Events 2018 yang digelar Kementerian Pariwisata di Jakarta pusat, Jumat siang. Apri menjelaskan bahwa destinasi wisata di Bintan memberi daya tarik yang kuat kepada wisman dan wisatawan nusantara.
Pada tahun ini, kunjungan wisman ke Bintan ditargetkan sebanyak 250 ribu orang. Namun, sejak Januari hingga Oktober 2017 jumlah kunjungan telah lebih 15 persen dari target. Artinya, kunjungan wisman ke Bintan pada tahun ini naik drastis.

“Peningkatan kunjungan wisata tersebut tidak lepas dari banyaknya kegiatan pariwisata yang digelar Dinas Pariwisata Bintan,” ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan pariwisata di Bintan relatif cukup banyak, mulai dari wisata bahari, wisata budaya, dan wisata olahraga. Pemkab Bintan akan terus melakukan beberapa terobosan agar lebih banyak lagi kegiatan pariwisata yang menarik sehingga masuk dalam kalender wisata nasional. Pemkab Bintan juga akan meningkatkan promosi, pengelolaan kawasan pariwisata, dan berbagai upaya lainnya agar lebih dikenal banyak orang. Misalnya, kegiatan budaya akan lebih dipamerkan keunikannya. Budaya di Tanah Bintan tidak kalah menariknya dengan daerah lain.

“Sangat banyak kegiatan wisata di Bintan. Tujuh kegiatan pariwisata yang masuk dalam kalender nasional merupakan pencapaian yang gemilang,” katanya.

Apri mengatakan bahwa destinasi wisata di Bintan juga sering disebut gerbang wisata masa depan Indonesia. Saat ini, Bintan makin dikenal masyarakat mancanegara. Alam di pesisir Bintan memesona wisman, apalagi dipadu dengan beberapa kegiatan pariwisata berskala internasional. Hal ini menjadikan Bintan sebagai buruan wisatawan mancanegara maupun dalam negeri.

“Tidak heran jika hal tersebut membuat Bintan mendapatkan target khusus dari Kementerian Pariwisata dalam hal kunjungan wisatawan,” kata dia.

Bupati Apri mengemukakan bahwa pariwisata merupakan sektor andalan Bintan. Setiap tahun, sektor pariwisata sebagai penyumbang pendapatan asli daerah terbesar. Ia merasa optimistis kunjungan wisatawan ke Bintan akan terus meningkat. Namun, target itu perlu diiringi perhatian serius oleh berbagai pihak yang berhubungan dengan kepariwisataan.

“Benahi sarana dan prasarana serta hal-hal yang menunjang dunia pariwisata Bintan,” katanya. (**)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Walikota Batam Melirik Ruli untuk Memperluas Lahan Pasar Induk

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Diperkirakan, saat ini luas lahan yang menjadi lokasi pasar Induk Jodoh tidak akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *