Home / EkBis / Ekonomi Kepri Anjlok, Ini Kata Nurdin Basirun
Gubernur Kepri - Nurdin Basirun

Ekonomi Kepri Anjlok, Ini Kata Nurdin Basirun

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Kondisi pertumbuhan ekonomi Kepri yang anjlok pada angka 1,52 persen, menjadi tamparan keras bagi Pemerintah Provinsi Kepri. Betapa tidak, alih-alih meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari tahun sebelumnya, target yang pertumbuhan ekonomi pada angka 5,58 persen pada tahun 2017 ini pun jauh dari yang diharapkan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengharapkan masyarakat dapat memaklumi kondisi ekonomi yang saat ini. Dijelaskannya, selama ini Kepri masih mengandalkan Kota Batam pada industri manufaktur. Seperti, perkapalan dan lainnya.

Namun, persoalan yang dihadapi sekarang ini, kondisi perekonomian secara global juga mengalami penurunan. Anjloknya harga minyak berpengaruh besar pada industri manufaktur di Kota Batam.

“Mereka (industri manufaktur) tetap berproduksi. Cuma tidak sebanyak dulu. Anjloknya harga minyak membuat pesanan juga menurun. Itulah salah satu sebab menurunnya pertumbuhan ekonomi,” katanya kepada awak media usai Paripurna Perda di Kantor DPRD Kepri, Senin (14/8/2017).

Nurdin juga mengaku terus menggesa adanya kawasan ekonomi baru yang bisa menunjang investasi. Salah satunya, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kendati kewenangan tersebut berada di Pemerintah Pusat, dirinya bersama Pemerintah Kabupaten tetap berupaya agar proses tersebut dipercepat.

Di samping itu, lanjut Nurdin, pihaknya juga terus mendorong semua kabupaten untuk meningkatkan iklim investasi sesuai dengan potensinya masing-masing. Seperti di Lingga dengan potensi pertanian dan peternakan, Natuna dengan perikanan dan industri bidang maritim dan Anambas dengan potensi pariwisatanya.

“Kita punya potensi. Jadi, tidak hanya berharap dengan industri di Batam saja,” ucap Gubernur.

Di samping itu, Nurdin juga tak menampik salah satu penyebab anjloknya perekonomian Kepri adalah lambannya serapan APBD Kepri. Untuk itu, di samping mendorong para OPD mengoptimalkan kinerjanya, ia juga meminta DPRD mempercepat proses pembahasan APBD Perubahan dan APBD Murni 2018 mendatang.

“Saya juga koordinasi dengan Ketua DPRD. Kita akui serapan anggaran juga berpengaruh. Makanya kami minta kepada DPRD dapat mempercepat prosesnya,” terang Nurdin. (bt)

About admin

Lihat Juga

Discovering Resources Tertarik Menginvestasikan USD 10 Juta di Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Perusahaan asal Tiongkok Discovering Resources menyatakan minatnya dan akan menanamkan modalnya sebesar USD10 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *