Home / Internasional / Indonesia Melepas 330 Pemuda Duta Pertukaran Budaya ASEAN

Indonesia Melepas 330 Pemuda Duta Pertukaran Budaya ASEAN

HANGTUAHNEWS.CO.ID – The Ship for Southeast Asian Youth Program ( SSEAYP ) adalah salah satu program pertukaran pemuda antar negara – negara Asean dan Jepang. Tujuan dari SSEPAYP tersebut adalah mempererat hubungan antar negara di Asean dan Jepang melalui Budaya yang biasanya diikuti oleh para pelajar. Saat ini, Indonesia dipercaya kembali untuk  kembali melepas 330 duta – duta muda dari negara-negara ASEAN dan Jepang dalam program SSEAYP tersebut. Melalui Kementerian Pemuda dan Olah Raga, para duta muda negara – negara ASEAN dan Jepang tersebut dilepas dengan menaiki Kapal pesiar MS. Nippon Maru di pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta, pada Senin, 5 Desember 2016 untuk kemudian berlabuh kembali ke Tokyo, Jepang.

Program SSEAYP kali ini merupakan yang ke-43 kalinya diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Para peserta yang mengikuti program SSEPAYP tersebut merupakan pemuda – pemuda pilihan yang berusia 20 sampai 30 tahun yang sebelumnya telah selesai melakukan rangkaian kegiatan Country Program. Untuk kegiatan Country Program sendiri dilaksanakan selama tiga hari dua malam yang saat ini adalah Jakarta sebagai tuan rumah terakhir atau port of call.

Sekretaris Jenderal SSEAYP Indonesia Arief Rizky Bakhtiar mengatakan, program pertukaran pemuda se-ASEAN dan Jepang ini berjalan lebih kurang selama 52 hari. Selama mengikuti Country Program di Jakarta, peserta mendapatkan kesempatan untuk mengenal Indonesia lebih dekat melalui kunjungan – kunjungan ke pejabat negara, kelembagaan, penampilan seni budaya, dan berkesempatan untuk tinggal di rumah orang tua angkatnya di Jakarta.

“Selain di atas kapal, kegiatan juga dilanjutkan di lima negara yang dikunjungi atau Country Program. Kalau ini, Jakarta jadi tuan rumah terakhir,” ujar Arif Rizky Bachtiar lebih lanjut lagi setelah acara Country Program selesai dilaksanakan.

Baca Juga  Kucuran USD 13 Juta Dana Bantuan Canada untuk ASEAN

Sebelum di Jakarta, para pemuda ASEAN dan Jepang yang menjadi duta SSEAYP ini telah mengunjungi kota – kota lainnya di Asean dan Jepang antara lain Tokyo, Ho Chi Minh City, Bangkok, Phnom Penh, dan Singapura. Sejak mulai diselenggarakan program SSEAYP tahun 1974, program SSEAYP ini terus mendapatkan dukungan yang baik dari pemerintah Jepang dan sepuluh negara – negara ASEAN. (vv/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kemlu Serahkan 6 ABK Eks-Sandera di Benghazi ke Keluarga

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan serah terima enam orang ABK yang menjadi korban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *