Home / EkBis / Duo HMS Bangun Pondasi untuk Pembangunan Kepri

Duo HMS Bangun Pondasi untuk Pembangunan Kepri

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Kepimimpinan Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani dan Wakil Gubernur Soerya Respationo sudah berada di titik akhir. Nyaris lima tahun sudah, pasangan kepala daerah yang identik dengan sebutan Duo HMS ini memimpin Provinsi Kepulauan Riau. Selama satu masa jabatan itu, Duo HMS mencoba untuk merealisasikan janji-janji kampanye mereka untuk membangun Kepri.

Lantas apa saja yang sudah diwujudkan Duo HMS selama lima tahun belakangan? Pengamat Politik Kepri, Zamzami A Karim menilai, kabinet pemerintahan Sani-Soerya sudah seupaya mungkin untuk membangun provinsi.

“Selama lima tahun memimpin Kepri, Duo HMS ini lebih cenderung fokus untuk membangun basic atau pondasi saja. Alias sesuatu yang tak kasat mata,” ungkap Zamzami, kemarin. Di antara pembangunan yang tak kasat mata atau lain kata tak dapat dilihat pencapaiannya secara fisik itu adalah pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan. “Seperti pengadaan beasiswa pendidikan, pengentasan kemiskinan, hingga peningkatan layanan kesehatan berupa insentif bagi dokter-dokter yang ada,” sebut Zamzami.

Seluruh kegiatan tersebut, sambung mantan Ketua STISIPOL Tanjungpinang ini, menyedot anggaran yang cukup besar. Sehingga, mau tak mau pembangunan fisik tersisihkan. “Tidak seperti pembangunan gedung-gedung. Pembangunan SDM ini tak bisa dilihat secara cepat dan nyata hasil pencapaiannya,” katanya.

Sebab itu, Zamzami mengajak agar masyarakat Provinsi Kepri bisa melihat sesuatu pencapaian kerja pemerintahan tidak sebatas pembangunan fisik semata. “Kalau mendengar kata pembangunan, itu bukan tentang membangun gedung atau jembatan saja,” katanya.

Namun di lain sisi, Zamzami juga turut mengapresiasi prestasi Duo HMS yang membuat Pemprov Kepri berhasil meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI lima tahun berturut-turut.

“Itu mantap betul. Bahkan provinsi kita ini juga berhasil mendapat penghargaan sebagai perencana terbaik. Tapi sayang realisasi di lapangan, ada sebagian yang berlangsung sangat lambat. Utamanya yang menyangkut pembangunan fisik,” papar Zamzami. (bp)

Baca Juga  Pameran Pembangunan Kepri Disejalankan dengan HPN

About admin

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *