Home / Politik / DPRD Kepri Kembalikan Berkas Administrasi Calon Wagub

DPRD Kepri Kembalikan Berkas Administrasi Calon Wagub

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak tiga kali mengembalikan berkas administrasi calon wakil gubernur yang diserahkan Gubernur Nurdin Basirun, karena belum lengkap.

“Pekan lalu saya kembalikan berkasnya, karena belum memenuhi persyaratan. Bukan saya tolak ya, tapi dikembalikan karena belum lengkap,” kata Jumaga di Kantor DPRD Kepri, Kamis.

Menurut dia, ada 31 syarat yang harus dipenuhi calon wakil gubernur yang diusulkan partai pengusung. Pengembalian berkas dua orang calon wagub yang diusulkan karena tidak memenuhi empat persyaratan. Dua dari empat persyaratan yang penting yakni surat rekomendasi dari dewan pimpinan pusat partai pengusung dan surat permohonan mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara dan anggota DPRD Bintan.

Berdasarkan data, dua nama calon wagub yang diserahkan Gubernur Nurdin Basirun yakni Isdianto, salah seorang pejabat eselon II di Pemprov Kepri dan Agus Wibowo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bintan.

Isdianto dan Agus Wibowo cukup mengajukan surat permohonan pengunduran diri. Kemudian surat itu dilampirkan sebagai syarat mencalonkan diri sebagai wagub.

Sementara terkait surat rekomendasi dewan pimpinan pusat partai pengusung, kata Jumaga tidak dapat ditawar-tawar karena diatur dalam undang-undang.

“Kalau sudah dilengkapi kami akan serahkan kepada Badan Musyawarah DPRD Kepri. Kalau diserahkan dalam kondisi tidak lengkap, calon yang diusulkan dapat didiskualifikasi karena telah beberapa kali diusulkan tanpa dilengkapi persyaratan,” ujarnya, yang diusung PDIP.

Jumaga menegaskan proses yang dilalui calon wakil gubernur itu masih normatif, belum memasuki wilayah politis. Jika memenuhi persyaratan, DPRD Kepri akan memprosesnya sesuai mekanisme yang berlaku.

“Kami tidak memperlambat proses ini, tetapi yang kami lakukan sesuai ketentuan yang berlaku. Ini normatif, karena diatur dalam ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Baca Juga  Lima Partai Pengusung Pecah

Jumaga membantah dua nama calon wakil gubernur yang diserahkan itu tidak sesuai keinginan PDIP. Ia menegaskan PDIP memiliki penilaian tersendiri terhadap masing-masing calon gubernur.

“Ada lima calon yang diusulkan partai politik, kemudian gubernur menyerahkan dua nama. Sejauh ini, hubungan seluruh calon dengan PDIP cukup baik,” katanya. (antara)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *