Home / Serba-Serbi / DKI Tour, Baru Seumur Jagung, Namun Sudah Memberangkatkan Ribuan Jamaah Umrah ke Tanah Suci
Kantor pusat DKI Tour di komplek Tiban Mas.

DKI Tour, Baru Seumur Jagung, Namun Sudah Memberangkatkan Ribuan Jamaah Umrah ke Tanah Suci

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Bagi sebuah biro perjalanan (travel agent), kepuasan pelanggan atas pelayanan yang nyaman menjadi kunci utama kesuksesan baginya. Begitu pula bagi DKI Tour, travel agent umrah yang berdiri sejak 2005 dimana sebelumnya berkecimpung di paket wisata dalam dan luar negeri.

Sejak mengantongi perijinan umrohnya tahun 2014 dari kementerian agama pusat, semakin lebar sayap DKI Tour melayani para pelanggan wisatanya terutama umroh hingga mencapai ribuan jamaah berumroh ke tanah suci.

Skep perijinan umroh DKI Tour dari kemenag pusat, suasana dalam kantor pusat, miniatur kabah sebagai alat pelatihan thawaf calon jamaah umroh.

Ustad H. Herlando, sang pemilik sekaligus pendiri DKI Tour saat ditemui Hangtuah Pos di kantor pusatnya komplek Tiban Mas, senin (31/7/17) menuturkan sebagai agen perjalanan umroh yang resmi se-Kepulauan Riau ia cukup berlega hati bisa melayani tamunya dengan maksimal dan memuaskan selama kurun waktu 3 tahun tersebut meski dengan harga terjangkau sesuai pesanan masing-masing.

“Kita memfasilitasi mulai dari pelayanan hotel yang jaraknya cukup dekat, di madinah berjarak sekitar 100 meter, di mekkah nya berjarak sekitar 250 meter, dengan kelas hotel bintang 4 sampai 5 yang nyaman, dan juga standar kelas 3 yang tak kalah nyaman sesuai dengan pesanan masing-masing. Kami mengutamakan pelayanan yang nyaman dan memuaskan kepada jamaah dan itu menjadi prioritas kami,” ujar Herlando.

Ia menjelaskan sebelum diberangkatkan, para jamaah umrohnya diberikan bimbingan manasik sebanyak 3 kali, memberikan pembimbing ibadah selama di tanah arab, termasuk muthawif selama disana.

“Perlu kita ketahui bahwa umroh merupakan satu ibadah, jadi bukan berwisata semata, jadi harus paham tata cara dan tertibnya, tiap pelatihan manasik dipandu oleh ustad yang berbeda dari kemenag kota Batam, jadi kita punya fasilitas khusus untuk pelatihan manasik, kita ada kabah yang ada di halaman depan kantor, ruangan pelatihan ber AC untuk pemberian materi teori manasik, dan nanti setelah teori, kita lakukan praktek thawaf dengan kabah tersebut, dan kami berikan pelatihan 3 minggu sebelum kebarangkatan, itu satu bentuk kesungguhan kami melayani para jamaah umroh kami,” ungkap Herlando.

Ruang ber AC untuk pemberian materi teori umroh jamaah DKI Tour, perangkat umroh berupa seragam, koper dll untuk jamaah umroh DKI Tour, para pembimbing ibadah umroh DKI Tour.

Selain itu dilengkapi dengan fasilitas perangkat umroh untuk para jamaah, serta menu makanan khas indonesia selama di tanah suci, keramahtamahan dari pihak DKI Tour selama di tanah suci kata Herlando, menjadi kunci utama kepuasan jamaahnya selama ini sehingga mereka merasa berumroh dengan keluarga sendiri.

Herlando mengatakan sekitar 2 ribu lebih jamaah yang sudah ia berangkatkan.

“Tahun 2017 ini kita menargetkan seribu jamaah yang kami berangkatkan, dengan harga spesial dengan diskon yang kami tawarkan untuk msyarakat kepri dan batam, yakni paket reguler Rp. 19.8 juta, ada juga paket menarik lainnya seperti paket umroh plus dubai Rp. 23 juta, lalu umroh plus turki Rp. 31 juta selama 12 hari,” ungkap Herlando.

Kenyamanan lainnya adalah DKI Tour telah membuka 2 cabangnya, yakni di First City Complex No. B1/41 Batam centre dan Tanjungpinang. Ia mengatakan cabang di Batam Centre tersebut dimaksudkan untuk mengakomodir para calon jamaah umroh di sekitaran area Batam Centre agar bisa mendaftarkan diri lebih terjangkau jaraknya.

“Cabang kita yang satunya lagi di Tanjungpinang, untuk mengakomodir pendaftaran calon jamaah haji dari wilayah Kepri,” imbuhnya.

Menyikapi travel umroh tak berijin yang bertebaran di Batam, Herlando mengatakan di Batam ada Forum komunikasi penyelenggara ibadah umroh dimana DKI Tour sebagai sekretaris atas mandat dari kanwil Kepri bahwa di Kepri baru ada 5 travel umroh yang berijin termasuk DKI Tour, sehingga ia menghimbau kepada warga masyarakat agar tak mengambil jasa biro perjalanan travel umroh yang tak berijin, karena sudah banyak kejadian jamaah umroh terlantar di tanah suci. Baik kemenag daerah maupun pusat pun meminta para calon jamaah umroh untuk waspada terhadap biro-biro perjalanan yang tak berijin dan harus berpedoman pada 5 PASTI, pasti perijinan travelnya, pasti keberangkatannya, pasti hotelnya, pasti visanya, dan pasti program perjalanannya.

Selain biaya murah, DKI Tour juga memberikan kemudahan lain, yaitu pelayanan pembayaran secara berkala hingga 1 tahun. Cukup dengan DP Rp. 3 juta sudah bisa mendaftarkan program umroh, dan sisanya bisa diangsur hingga lunas untuk bisa berangkat umroh, dan cicilan diberikan flat sejumlah harga tunai semampu para calon jamaah.

“Kita komitmen dan ikhlas memberikan kemudahan pelayanan ini untuk ibadah dan tidak mau menyalahi amanah ini, jadi bagi masyarakat yang belum memiliki dana cukup bisa menentukan kapan hendak melakukan ibadah umroh,” papar Herlando.

Herlando dalam hal ini pun membuka peluang seluas-luasnya bagi siapa saja untuk bergabung dengan DKI Tour untuk menjadi perwakilan maupun partner kerjasama umroh. Pemberangkatan jamaah umrah tahun ini akan dilaksanakan awal november. (dian) 

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …