Home / Serba-Serbi / Disperindag dan Pemko Batam Menganggarkan 7 Milyar Untuk Sebako Murah
Walikota Batam, Rudi, saat menyerahkan Sembako Murah di Pulau Pemping Kecamatan Belakangpadang, Senin (6/11)

Disperindag dan Pemko Batam Menganggarkan 7 Milyar Untuk Sebako Murah

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menganggarkan sekitar Rp 7 miliar untuk bantuan sembako murah tahun depan. Kepala Disperindag, Zarefriadi mengatakan anggaran tersebut untuk 128 ribu paket sembako bersubsidi.

“Tahun depan dianggarkan per kelurahan, 2.000 per kelurahan,” kata Zarefriadi saat pembagian sembako murah di GOR Raja Jakfar Sekupang, Minggu (5/11).

Ia mengatakan berapa harga yang diberikan ke masyarakat nantinya akan dihitung kembali. Begitu pula isi paket sembakonya akan disesuaikan dengan kondisi.

“Sekarang kita sedang lakukan penguatan data. Kita buat surat ke kecamatan dan kelurahan, untuk buat data lebih objektif. Supaya menyusun data karena ada kemungkinan bertambah atau berkurang,” ujarnya.

Menurutnya bila sudah didistribusikan sampai ke kelurahan, maka tidak ada lagi kegiatan masif seperti sekarang. Karena jadwal distribusi tiap kelurahan tidak akan sama, tergantung pada jumlah warga penerima bantuan. Misal dalam satu kelurahan ada 1.000 warga penerima bantuan sembako murah, maka setahun distribusi dilakukan dua kali. Jika jumlahnya lebih sedikit, distribusi bisa lebih sering.

“Kita perlu mentelaah dulu,” kata mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja ini.

Tahun ini, Pemerintah Kota Batam membagikan sekitar 63.000 paket sembako murah. Pembagian dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap awal di bulan Juli sebanyak 30 ribuan paket, dan tahap dua di Oktober-November 33.000 paket. Adapun jumlah sembako murah yang dibagikan di Kecamatan Sekupang pada tahap II ini sebanyak 2.400 paket. Tiap paket sembako ditebus warga dengan membayar Rp 50.000. Berisikan 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, dan 1 kilogram gula. Seluruhnya merupakan produk dalam kemasan dengan harga total Rp 101.000 per paket.

Sementara itu, warga pulau antusias menjemput sembako murah dari Pemerintah Kota Batam di Pulau Pemping Kecamatan Belakangpadang, Senin (6/11). Mereka datang dari berbagai pulau sekitar seperti Pulau Labun dan Pulau Pecung.
Siti salah satunya. Ia menyeberang ke Pemping bersama tetangga dengan naik kapal. Syarat penebusan sembako pun sudah ia siapkan yakni kupon pink dan uang Rp 50.000.

“Alhamdulillah ada bantuan seperti ini dari Pak Wali. Sedikit banyaknya membantu kami di sini,” kata dia.

Sembako murah ini merupakan program rutin Pemko Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Tahun 2017, Pemko menggelar bazar sembako murah dua kali.

Pada pertengahan tahun tepatnya bulan Juli dibagikan sekitar 30 ribu paket sembako. Sedangkan tahap kedua, Oktober-November disiapkan 33 ribu paket. Dan Kecamatan Belakangpadang menjadi putaran terakhir di tahap kedua ini dengan jumlah 2.250 paket sembako. Adapun isi tiap paket yakni 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 1 kg gula. Harga total tiap paket sebesar Rp 101 ribu. Namun warga penerima bantuan cukup menebusnya dengan Rp 50.000. Dana selebihnya disubsidi oleh Pemko Batam.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan tahun 2018 mendatang Pemko menggarkan lebih banyak sembako murah. Rencananya tiap kelurahan mendapat 2.000 paket. Artinya secara total Pemko siapkan 128 ribu paket untuk 64 kelurahan. Anggaran yang diajukan senilai Rp 7 miliar.

“Ini untuk membantu ringankan beban masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang sedang lesu. Tahun depan kita perbanyak karena kami melihat kondisi ekonomi belum sepenuhnya pulih, tapi mungkin di APBDP nya sudah sedikit membaik,” kata dia.

Dan ia memerintahkan Disperindag agar tahun depan distribusi sampai ke pulau-pulau. Agar masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh ke satu tempat untuk mengambil sembako murah ini. “Kalau mereka harus menyeberang ke sini, berapa lagi ongkosnya,” ujar Rudi.(kartika/MCB)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *