Home / Daerah / Lingga / Disos Lingga Mulai Menyalurkan Rastra dari BPNT ke Beberapa Daerah di Pulau Singkep

Disos Lingga Mulai Menyalurkan Rastra dari BPNT ke Beberapa Daerah di Pulau Singkep

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Singkep – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lingga hari ini mulai melakukan penyalurkan beras sejahtera (Rastra) dari program bantuan pangan non tunai (BPNT) ke beberapa daerah di pulau Singkep yang meliputi Kecamatan Singkep, Singkep barat, Singkep pesisir, Singkep Selatan dan Kepulauan Posek.

“Untuk penyerahan gelombang pertama ini kita dahulukan yang berdekatan dengan gudang bulog, karna masih satu daratan,” kata Kasi Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos PPA), Hasbullah, Selasa.

Penyerahan Rastra gelombang pertama ini menurutnya sedikit terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat, salah satu kendalanya adalah karna kondisi wilayah Kabupaten Lingga yang merupakan daerah kepulauan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pendataan dan penyebaran, belum lagi dengan kondisi medan yang dikelilingi laut serta cuaca diawal tahun yang masih tidak menentu.

Perbedaan pembagian rastra tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya pada tahun lalu masyarakat dikenakan biaya Rp1.500,- rupiah perkilogramnya dengan pembagian setiap keluarga mendapat 15 Kg, pada tahun ini masyarakat hanya tinggal mengambil saja raskin tersebut di masing-masing kelurahan atau desa sementara biayanya di gratiskan.

“Tahun ini gratis tidak ada biaya sepeserpun untuk rastra ini,” katanya.

Adapun data penerima Rastra yang akan dibagikan pada gelombang pertama ini sebanyak delapan ton, dengan perincian Singkep Barat 400 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Singkep 423 KPM, Singkep Selatan 33 KPM, Singkep Pesisir 144 KPM, dan Kepulauan Posek sebanyak 40 KPM. Pembagian di bulan Februari ini akan diberikan langsung selama dua bulan Januari dan Februari.

Sementara itu untuk penyerahan diwilayah Daik Lingga, Senayang dan sekitarnya penyerahan rastra ini akan diberikan mulai awal Maret 2018 ini atau diawal bulan depan. Hal ini dilakukan mengingat beberapa wilayah tersebut harus menyebrangi dari pulau ke pulau yang membutuhkan waktu yang cukup panjang.

“Kendala kita di pulau-pulau ini medan, dari satu desa kedesa lainnya harus menyebrangi laut ini dibutuhkan waktu,” kata dia.

Selain program rastra beberapa program lainnya dari program Bantuan pangan non tunai (BPNT) ini juga akan direalisasikan pada tahun ini salah satunya adalah Bansos Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang akan diberikan kepada sepuluh kelompok KUBE yang ada di Kabupaten Lingga. (Pradanna-Ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Pasien RSUD-EF Bisa Daftar Lewat SMS dan Daring

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pasien RSUD Embung Fatimah (RSUD-EF) kini bisa mendaftar melalui pesan singkat (SMS) dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *