Home / Daerah / Tanjung Balai Karimun / Dinpar Seni dan Budaya Karimun Menargetkan 100.000 Wisman Berkunjung Ke Karimun
Pantai Pelawan, salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Karimun, Kepuoauan Riau.

Dinpar Seni dan Budaya Karimun Menargetkan 100.000 Wisman Berkunjung Ke Karimun

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Karimun – Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menargetkan 100.000 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke daerah itu selama 2018. Kepala Seksi Atraksi Promosi Kerja Sama Pariwisata Disparbud Karimun Benny Yudishtira di Tanjung Balai Karimun, Kamis, mengaku optimistis dapat mewujudkan target kunjungan wisman sebanyak itu.

“Kami sangat optimis dalam mencapai target itu, lewat berbagai program kegiatan yang kita miliki,” kata Benny.

Benny mengatakan beberapa program telah dirancang, termasuk kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan. Tahun ini kami telah menentukan kegiatan bersifat lokal maupun melibatkan banyak negara. Contohnya kegitan festival barongsai yang akan kami gelar dalam waktu dekat ini.

Dia optimistis target yang diberikan Dinas Pariwisata Provinsi tersebut dapat tercapai, dengan alasan masih banyak rencana kegiatan yang berpotensi menarik kunjungan wisman.

“Selain itu destinasi wisata kita (Karimun) juga cukup menjual bagi mereka,” katanya.

Beberapa kegiatan yang telah disusun, jelas dia, antara lain Festival Rebana, Pentas Seni dan Budaya, Festival Barongsai dan Parade Tari Daerah yang akan dilaksanakan pada triwulan I Januari, Februari dan Maret.

Untuk triwulan II April, Mei dan Juni pihaknya menggelar Lomba Mancing, Lomba Jong Pongkar/Pantai Indah dan Lomba Colok. Selanjutnya pada triwulan III Juli, Agustus, September menggelar serangkaian kegiatan di antaranya Lomba Jong Kundur Barat (Sawang), Festival Dangdut, Lomba Jong Moro, Festival Reog, Jelajah Wisata dan Spirit Of Karimun Carnaval. Dan pada triwulan IV Oktober, November dan Desember pihaknya menggelar lomba karaoke, pawai budaya dan Tour de Karimun Race Coastal Area.

“Melalui serangkaian kegiatan inilah kami harapkan kunjungan wisman pada tiap-tiap acara,” kata Benny.

Peta Wisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Karimun, Kepulauan Riau, sebagian besar dari Malaysia, kata Kepala Seksi Atraksi Promosi Kerja Sama Pariwisata Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Karimun Benny Yudhistira.

“Mereka kemari (Karimun) ada yang memang murni berwisata, ada juga berwisata lainnya,” kata dia di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Disparsenibud Karimun mencatat sepanjang 2017, kunjungan warga negara Malaysia sebanyak 45.378 jiwa, terbesar dibandingkan kunjungan dari warga negara lainnya.

“Kunjungan wisatawan asal Malaysia sebanyak 45.378 jiwa menduduki nomor urut pertama, hampir 50 persen penyumbang terbesar dalam capaian kunjungan wisman ke Karimun,” katanya.

Untuk kunjungan wisatawan negara lain yang terbanyak setelah Malaysia ialah Singapura dengan penyumbang kunjungan sebanyak 34.681 jiwa.

“Singapura juga termasuk negara kedua setelah Malaysia yang banyak berwisata ke Karimun,” katanya.

Kunjungan wisman dari dua negara tersebut disebabkan oleh faktor geografis Karimun yang berbatasan langsung dengan dua negara tersebut.

“Faktor geografis kita yang sangat efektif bagi mereka untuk berwisata kemari, mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berwisata, umumnya mereka datang di akhir pekan atau acara nasional lainnya,” katanya.

Untuk itu, pihaknya terus menjalin hubungan baik tersebut lewat pelayanan-pelayanan wisatawan yang diberikan dan atau melalui agen perjalanan setempat.

Selain itu, pihaknya juga saat ini tengah berupaya untuk menjalin hubungan yang sama dengan negara lainnya seperti Negara Thailand, Brunei Darussalam dan negara-negara lainnya.

“Umumnya negara-negara yang serumpun ini tidak mengalami kesulitan dalam menyesuaikan bahasa Melayu Karimun, karna hampir-hampir mirip,” katanya.

Menurutnya kunjungan dari dua negara tersebut ke Karimun selain murni melakukan kunjungan wisata, hampir sebagian besar masyarakatnya memiliki hubungan emosional yang erat dengan warga Kabupaten Karimun, sehingga tak jarang kunjungan dari warga negara tersebut bertujuan untuk kunjungan keluarga.

“Banyak warga Karimun yang memiliki keluarga di Malaysia sana,” katanya.

Tahun ini, kata Benny, kunjungan wisman ke Karimun ditargetkan sebanyak 100.000 orang. Target tersebut, menurut dia, merupakan target dari Dinas Pariwisata Provinsi Kepri. (nursali – ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kesenian Berbagai Daerah Warnai Sosialisasi Pemilu 2019

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Beragam kesenian ditampilkan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya dalam Rangka Menyambut Satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *