Home / Daerah / Batam / Dinas KUMK Batam Mendorong Wirausaha Pemula Ikut Program Bantuan Usaha
Kepala Dinas KUMK Batam, Suleman Nababan

Dinas KUMK Batam Mendorong Wirausaha Pemula Ikut Program Bantuan Usaha

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (KUMK) Kota Batam mendorong wirausaha pemula untuk ikut program bantuan usaha dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Kepala Dinas KUMK Batam, Suleman Nababan mengatakan tahun 2018 ini ada sedikitnya 1.600 wirausaha pemula yang akan dibantu kementerian.

“Kami ingin ada wirausaha pemula dari Batam yang dapat bantuan ini juga,” kata Suleman di Sekupang, Kamis (15/3).

Program bantuan bagi wirausaha pemula ini sudah berjalan dua tahun. Tapi sayangnya tahun lalu tidak ada satu pun wirausaha Batam yang mendapat bantuan ini.

Menurut Suleman, untuk mendapatkan bantuan ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya usaha sudah berjalan minimal enam bulan. Ada bukti surat izin usaha yang dikeluarkan camat. Kemudian usaha berjalan aktif dan sehat dalam artian memberi hasil bagi wirausahawan.

“Mereka harus mengunggah proposal bisnis ke website kementerian. Nanti akan diseleksi dan dicek oleh tim,” kata mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam ini.

Dalam waktu dekat, sambung Suleman, ia akan mengumpulkan wirausaha pemula. Mereka akan diajak untuk daftar dan menyusun proposal bersama. Persiapan pendaftaran akan dibantu tiga orang tim pendamping dari pusat. Dengan begitu, ia berharap tahun ini ada bantuan yang dikucurkan untuk wirausaha Kota Batam.

“Lumayan kalau dapat 50-100 orang wirausaha pemula untuk Batam. Nanti kami juga akan surati pusat nama-nama wirausaha ini, agar bisa menjadi pertimbangan,” kata dia.

Apabila lolos seleksi, tiap wirausahawan akan terima bantuan sebesar Rp 10-13 juta. Uangnya langsung ditransfer ke rekening milik masing-masing, tidak melalui pemerintah daerah.

“Program ini sifatnya bantuan, jadi tidak ada istilah dikembalikan seperti dana bergulir atau KUR (kredit usaha rakyat),” ujarnya.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *