Home / Daerah / Batam / Dinas BMSDA Batam Menambahkan Tiga Alat Berat Untuk Menanggulangi Banjir
Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur

Dinas BMSDA Batam Menambahkan Tiga Alat Berat Untuk Menanggulangi Banjir

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Direncanakan pada bulan Mei 2018 mendatang, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Batam mendapat tambahan tiga buah alat berat berupa ekskavator. Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur, mengatakan pengadaan alat berat ini dilakukan Dinas BMSDA untuk penanganan masalah banjir yang terjadi di Kota Batam.

Alat berat milik BMSDA ini akan digunakan untuk menormalisasi drainase agar aliran air lancar ke laut. Upaya ini sebagai solusi sementara untuk penanganan banjir. Sedangkan untuk jangka waktu yang lebih lama, penanganan banjir di Batam dilakukan dengan melebarkan drainase.

“Tahun ini beli lagi tiga alat berat, satu amfibi, dua long-arm. Sudah kita order. Mudah-mudahan tiga bulan ke depan sudah datang. Beberapa tempat dibenahi supaya tidak banjir. Karena drainase cukup banyak tidak mungkin sekaligus,” kata Yumasnur di Jodoh, Selasa (20/2).

Pelebaran drainase akan memanfaatkan seluruh lahan milik pemerintah seperti pelebaran jalan. Meski tidak semuanya untuk saluran air, tapi juga dibangun jalan pelintas atau jalan inspeksi. Seperti drainase di samping Pasar Induk Jodoh, menurut Yumasnur, pelebarannya bisa sampai 15 meter. Dari kondisi saat ini, lebar drainase sekitar 10 meter. Sedangkan panjang drainase yang akan dilebarkan berkisar 400 meter, dari Pasar Induk ke arah laut.

“Jalan inspeksi ini perlu, untuk memudahkan kendaraan kita masuk saat normalisasi. Pak Wali juga arahkan ke kita supaya dibangun taman. Pelebaran menyesuaikan, kita ukur dulu. Lihat space yang ada cukup lebar sepertinya,” kata Yumasnur.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan pelebaran drainase di samping Pasar Induk Jodoh harus didulukan dari titik lain. Karena banjir di lokasi ini sudah tidak bisa tertahan dengan kondisi drainase yang ada.

“Parit mau saya lebarkan. Hari ini mungkin lebarnya 10 meter. Kita akan lebarkan sampai seluasnya,” kata Rudi. (kartika/mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *