Home / Nasional / Dimas Kanjeng Terancam Hukuman Mati
Sidang Dimas Kanjeng di PN Kraksaan Probolinggo, Kamis (16/2/2017)

Dimas Kanjeng Terancam Hukuman Mati

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Probolinggo – Dimas Kanjeng Taat Pribadi terancam hukuman mati. Dimas Kanjeng didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Abdul Gani.

“Dimas Kanjeng terancam Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana karena turut serta atau menjadi otak pembunuhan. Dia terancam hukuman seumur hidup atau hukuman mati,” kata jaksa penuntut umum dari Kejati Jawa Timur, H Usman di Pengadilan Negeri Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (16/2/2017).

Jaksa dalam surat dakwaan menyebut pembunuhan dengan korban Abdul Gani terjadi pada 12 April 2016. Mereka yang terlibat pembunuhan adalah Wahyu Wijaya, Ahmad Suryono, Kurniadi, Tukijan, Boiran dan Muriyat.

“Gani dipukul, dijerat leher dan kepala dibekap plastik. Kemudian ditelanjangi, diikat, dimasukkan ke kotak plastik dan dibuang ke Waduk Gajah Mungkur,” ujar jaksa.

Setelah membunuh Abdul Gani, para pelaku menurut jaksa mendapatkan hadiah masing-masing dengan kisaran Rp 30-50 juta dengan total Rp 320 juta. Lokasi pembagian uang ini disebut berada di padepokan.

Dalam perkara ini, Dimas Kanjeng didakwa dengan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP pada dakwaan primair. Sedangkan dakwaan subsidair, Dikenakan pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

Selain kasus pembunuhan, Dimas Kanjeng juga didakwa dalam perkara penipuan dengan korban Prayitno yang mengalami kerugian Rp 800 juta. Dimas Kanjeng dikenakan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP. Pihak kuasa hukum Dimas Kanjeng belum mengajukan keberatan atas dakwaan jaksa. Pihak Dimas masih mempelajari surat dakwaan.

“Kami masih mempelajari dakwaan dari JPU, sementara kami masih belum ada pengajuan pemberatan. Kita lihat saja nanti seperti apa,” kata pengacara Dimas Kanjeng, Rudi Prabowo. (detik)

About admin

Lihat Juga

‎Kecamatan Batam Kota Membagikan Enam Ribu Paket Sembako Murah

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Giliran masyarakat Kecamatan Batam Kota yang menikmati sembako murah bersubsidi dari Pemerintah Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *