Home / Internasional / Dewan Perwakilan AS Anggarkan Rp21,3 T untuk Tembok Meksiko
Ilustrasi tembok perbatasan AS dengan Meksiko.

Dewan Perwakilan AS Anggarkan Rp21,3 T untuk Tembok Meksiko

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Dewan Perwakilan Amerika Serikat menyetujui rancangan anggaran sebesar US$1,6 miliar atau setara Rp21,3 triliun untuk pembangunan tembok di sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

Keputusan ini dicapai melalui pemungutan suara di Dewan Perwakilan pada Kamis (27/7) dengan hasil akhir 235-192.

Dengan hasil ini, Dewan Perwakilan menyepakati pendanaan pembangunan tembok tersebut menggunakan uang pajak rakyat, bukan memaksa Meksiko untuk membayarnya, seperti yang selama ini diminta Presiden Donald Trump.

Dana ini akan diambil dari anggaran Kementerian Pertahanan 2018 yang ditingkatkan hingga US$658 miliar, lebih tinggi US$27 miliar dari permintaan Trump.

Anggaran pertahanan itu juga akan digunakan untuk membeli tambahan jet tempur, kapal, helikopter, dam tentara sesuai dengan permintaan Pentagon sebelumnya.

Meski sesuai dengan garis besar bujet Dewan Perwakilan, peningkatan anggaran ini melebihi batas pengeluaran yang diatur dalam Undang-Undang Pengendalian Anggaran.

Senat dipastikan tidak akan memberikan peningkatan dana militer jika batas penyerapan dana itu belum ditingkatkan. Peningkatan batas penyerapan itu pun harus disepakati terlebih dulu oleh Kongres.

Kubu Demokrat di Senat pun menuntut peningkatan batas anggaran yang sama untuk pengeluaran domestik dan militer di segala bidang.

Perdebatan mengenai anggaran ini pun masih akan terus memanas menjelang tenggat waktu keputusan pendanaan tembok perbatasan Meksiko pada 1 Oktober mendatang. (cnn)

About admin

Lihat Juga

Kemlu Serahkan 6 ABK Eks-Sandera di Benghazi ke Keluarga

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan serah terima enam orang ABK yang menjadi korban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *