Home / EkBis / Dekranasda Kepri Dukung Penuh Program Kemandirian Ekonomi Masyarakat Oleh Dekranasda Batam
Penasehat Dekranasda Provinsi Kepri, Noor Lizah Nurdin.

Dekranasda Kepri Dukung Penuh Program Kemandirian Ekonomi Masyarakat Oleh Dekranasda Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepri memberikan dukungan penuh kepada Dekranasda Kota Batam atas seluruh program kemandirian ekonomi masyarakat. Dengan syarat seluruh program tersebut harus memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Hal itu disampaikan Penasehat Dekranasda Provinsi Kepri, Noor Lizah Nurdin yang juga istri Gubernur Kepri pada Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kota Batam periode 2016 – 2021 di Hotel Crown Vista, Jumat (31/3).

“Kita dukunglah apapun bentuk program yang dibuat Dekranasda Kota Batam. Asal program tersebut untuk pembangunan Kepri dan memberikan kontribusi untuk masyarakat Kepri. Apakah dalam bentuk peningkatan ekonomi maupun keterampilan seni dan kerajinannya,” ungkap Noor Lizah Nurdin dengan logat Melayu yang kental.

Turut hadir dalam acara dengan tema ” Membangun Industri Kreatif Melalui Pembangunan Kerajinan Berbasis Kebudayaan, Inovasi dan Teknologi” tersebut Ketua Harian Dekranasda Kepri Burhanuddin yang juga selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri, Ketua Dekranasda Kota Batam Marlin Agustina Rudi, Walikota Batam Muhammad Rudi, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, Dekranasda se-Kepri, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Batam, penggiat seni keterampilan dan pengrajin.

Menurut Noor Lizah, Dekranasda harus menjadi lembaga yang handal. Untuk bisa handal, Dekranasda harus mempunyai program-program unggulan yang bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

Program-program unggulan itu diantaranya berupa meningkatkan inovasi dan kreatifitas serta keterampilan dibidang seni kerajinan, mengembangkan potensi industri kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kemampuan pengrajin dalam bidang produksi melalui pembinaan teknik produksi, mutu, desain produk, dan menajemen usaha, meningkatkan produksi dan pemasaran, memfasilitasi pengrajin untuk mendapatkan perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektual berupa hak cipta, desain. Terakhir program melestarikan dan mengembangkan warisan sejarah budaya.

“Saya menyadari menjalankan program tersebut dan bukan pekerjaan yang mudah. Untuk itu dibutuhkan kerjasama dan kerja keras dan pengorbanan dari pengurus agar lembaga ini benar-benar bisa diandalkan. Baik oleh pemerintah maupun untuk masyarakat,” jelas Noor Lizah.

Walikota Batam Muhammad Rudi pada kesempatan yang sama juga menegaskan agar kepengurusan Dekranasda Kota Batam periode 2016-2021 bisa merubah cara berfikirnya agar bisa lebih maju dari kepengurusan sebelumnya. Tidak hanya kuat di pameran-pameran saja tetapi benar-benar bisa mengangkat ekonomi masyarakat dan menarik minat wisatawan.

“Kalau Dekranasda mau menjadi lembaga yang handal harus bisa merubah cara pandangnya. Jangan hanya sebatas show saja. Bina masyarakat dengan serius. Buat apa saja yang laku dijual. Buat secantik mungkin sesuai selera wisatawan. Belajar pada Singapura dan Malaysia bagaimana mereka bisa membuat kerajinannya sehingga diminati para wisatawan,” tegas Rudi.

Keseriusan Rudi mendorong Dekranasda Kota Batam menjadi handal tidak sampai di situ saja. Tahun 2018 Rudi membangunkan sebuah Gedung khusus untuk Dekranasda seluas 600 meter persegi disebelah Kantor Bersama Pemko Batam.

Marlin Agustina Rudi selaku Ketua Dekranasda Kota Batam 2016-2021 sangat bersemangat dengan dukungan terhadap lembaga yang dipimpinnya. Dia berjanji, seiring target yang diberikan Walikota Batam membenahi secara perlahan, baik lembaga Dekranasdanya maupun keterampilan masyarakat dan peningkatan seni kerajinan yang dibuat.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat Batam menjadi tolak ukur keberhasilan Dekranasda ini dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya. (kepriprov)

About admin

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *