Home / EkBis / Dekranasda Bintan Mengolah Barang Limbah Menjadi Bernilai Jual Tinggi
Deby Apri Sujadi, bersama para pengrajin tulang dan sirip ikan Kabupaten Bintan (foto:net)

Dekranasda Bintan Mengolah Barang Limbah Menjadi Bernilai Jual Tinggi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Barang sisa atau limbah ternyata tidak selamanya akan terbuang sia-sia. Dengan sentuhan tangan kreatif, barang – barang yang tidak terpakai lagi itu akan dapat mendatangkan omzet yang cukup menggiurkan. Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi saat ditemui di Paviliun Dekranasda Kabupaten Bintan di Gedung LAM Kota Kijang, Jum’at pagi (19/10/2017). mengatakan bahwa Kabupaten Bintan memiliki banyak potensi alam yang bisa diolah dan dimanfaatkan. Potensi alam tersebut dapat diolah menjadi suatu kerajinan tangan yang unik dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Dan salah satu barang sisa yang dihasilkan oleh alam yang bisa dimanfaatkan tersebut adalah tulang dan sisik ikan.

Dikatakannya juga bahwa tulang dan sisik ikan adalah kekayaan alami yang akan sangat mudah didapatkan di Wilayah Kabupaten Bintan. Hal ini dikarenakan Kabupaten Bintan memiliki luas lautan yang lebih banyak dibandingkan dengan luas daratan. Deby juga mengatakan bahwa dengan mengunjungi Ruang Dekranasda Kabupaten Bintan, maka pengunjung akan disuguhkan oleh pengrajin Dekranasda Kabupaten Bintan terkait bagaimana tata cara mengolah tulang dan sisik ikan yang terbuang menjadi aneka bentuk kerajinan bernilai tinggi seperti gelang, bros baju, anting, kapal, bunga, hiasan lampu, bingkai foto serta aksesori dan pernak-pernik perhiasan lain sebagainya.

”Berbagai kreasi hasil olahan tulang dan sisik ikan akan ditemui disana, bahkan baru-baru ini, kita juga mendapatkan undangan untuk memberikan pelatihan kepada 50 Perwakilan Desa Se Kabupaten Bangka di Provinsi Bangka Belitung. Melalui Dekranasda Kabupaten Bintan, kita akan perkenalkan bahwa Kerajinan Tulang dan Sisik Ikan pengrajin Kabupaten Bintan mampu mempunyai daya tarik tersendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan bahwa seyogyanya Kabupaten Bintan memiliki banyak kreasi olahan kerajinan tangan yang bisa diandalkan. Dan salah satunya, Kerajinan Tulang dan Sisik Ikan.

”Disetiap kesempatan, kita juga berikan cendramata Kerajinan Tulang dan Sisik Ikan bagi mengenalkan kreativitas pengrajin,” ujarnya.

Senada mengenai hal tersebut, Sekretaris Dekranasda Kabupaten Bintan Remon Roxis mengatakan bahwa pada dasarnya pembuatan Kerajinan Tulang dan Sisik Ikan tidaklah sulit, dirinya memberikan sejumlah tips bahwa sebaiknya tulang dan sisik ikan yang dipilih merupakan tulang dan sisik ikan yang mempunyai ukuran sedang atau besar, contoh misalnya tulang dan sisik ikan kakap karena ukurannya yang tidak terlalu kecil sehingga mudah dibentuk. Selain itu, tulang dan sisik ikan harus dicuci sampai bersih lalu rendam menggunakan air kapur selama beberapa hari sampai bau amisnya hilang.

”Banyak tips yang bisa kita berikan terkait Kerajinan Tulang dan Sisik Ikan ini, saat ini Kerajinan Tulang dan Sisik Ikan sudah sampai ke luar daerah bahkan luar negeri, seperti Yogyakarta dan Kuala Lumpur-Malaysia,” tutupnya.(hms/htp)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Discovering Resources Tertarik Menginvestasikan USD 10 Juta di Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Perusahaan asal Tiongkok Discovering Resources menyatakan minatnya dan akan menanamkan modalnya sebesar USD10 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *