Home / Daerah / Batam / Daya Tarik Patung Budha Emas Maha Vihara Duta Maitreya
Maha Vihara Duta Maitreya

Daya Tarik Patung Budha Emas Maha Vihara Duta Maitreya

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Salah satu lagi tempat wisata religi di Kepulauan Riau yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Maha Vihara Duta Maitreya yang berada di Sei Panas, Batam Kota, Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Sejak pembangunannya selesai sekitar awal tahun 2000-an, Maha Vihara Duta Maitreya adalah salah satu tempat yang paling menarik minat wisatawan, baik yang dari Batam sendiri, Wilayah Kepulauan Riau, Wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Bangunannya yang megah dan bersih terlihat mencolok dan menarik minat untuk berkunjung ke Maha Duta Vihara Maitreya. Namun kemungkinan yang paling menarik perhatian para wisatawan dari keseluruhan bangunan Vihara ini adalah seni arsitektur bangunan dan keberadaan patung-patung Budha yang sedang tersenyum menghadap lautan teluk Tering, Batam serta adanya beberapa patung Budha emas yang menghiasi ruang peribadatan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan pelabuhan Ferri Internasional Batam Center juga menjadi faktor minat wisatawan luar negeri untuk mengunjungi Maha Vihara Duta Maitreya ini.

Patung Budha Emas di Maha Vihara Duta Maitreya

Informasi yang kami dapat dari Dinas Pariwisata Kota Batam menerangkan bahwa Maha Vihara Duta Maitreya  yang berdiri megah di Sei Panas, Kota Batam Batam ini termasuk vihara berkategori terbesar di Indonesia. Penggagasan awal pendirinya sudah dilakukan sejak tahun 1986, namun baru dibangun pada tahun 1991. Lokasi persis vihara ini berada disebidang tanah di sekitar kawasan Bukit Beruntung kini Maha Vihara Duta Maitreya selalu ramai dikunjungi orang untuk beribadah. Tetapi tidak sedikit juga yang datang untuk keperluan melihat dari dekat struktur bangunannya yang megah dan artisitiknya.

Selain Maha Vihara Duta Maitreya sebagai tempat peribadatan dan kunjungan wisata bagi wisatawan domestik dan luar negeri, di sini juga terdapat komplek Sekolahan dari Yayasan Maitreyawira yang terakriditasi A. Sekolah Maitreyawira Batam yang terdiri dari Kelompok Bermain (KB-Playgroup), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA dan SMK (hadir di tahun 2014). Dalam sistem belajar mengajarnya Sekolah Maytreyawira memasukkan 3 bahasa yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin dalam mata pelajarannya. Dalam pendidikan yang diberikan kepada peserta didik, Sekolah Maitreyawira Batam juga menjadikan pendidikan moral dan etika sebagai pembelajaran dan pembimbingan khusus bagi peserta didiknya. Selain itu, Sekolah Maitreyawira mempunyai visi dan misi dalam menanamkan dan mewujudkan keindahan kodrati seorang manusia ke dalam diri setiap peserta didik melalui moto sekolah yaitu Enthusiastic, Passion, Love.

Baca Juga  Vihara Avalokitesvara Graha Terbesar se-Asia Tenggara

Editor : SW

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *