Home / Pendidikan / Dasar Motivasi Prestasi Siswa di Lomba Cerdas Cermat dan Langgam Melayu
Juara Lomba Cerdas Cermat, langgam melayu serta yel-yel tingkat SD SMP sekota Batam 2017 (foto:Dian HT)

Dasar Motivasi Prestasi Siswa di Lomba Cerdas Cermat dan Langgam Melayu

Hangtuahnews.co.id, Batam |  Usai seleksi 30 orang peserta cerdas cermat dan langgam melayu di kegiatan varia pendidikan tingkat SD dan SMP april lalu, Dinas pendidikan kota Batam gelar final lomba cerdas cermat (LCC) tingkat SD SMP dan langgam melayu tingkat SD sekota batam sebagai pamungkas, bertempat diatrium BCS mall, selasa (24/10/17).

Hadir sekaligus membuka lomba, kabid pembina SD Vadilifa, S. Ag, kasi peserta didik dan pembina kesiswaan Syarif, beberapa kepsek SD dan SMP, peserta LCC dan langgam melayu serta para peserta yel-yel. Adapun kegiatan diawali dengan LCC dan yel-yel tingkat SD, yang kemudian dimenangi oleh SDS Al Kaffah dengan perolehan skor 1600, untuk juara 2 diraih SDN 02 batu ampar dengan perolehan skor 1200, juara 3 diraih SDN 001 Batam Kota dengan skor 925, juara harapan 1 diraih SDS immanuel lubuk baja dengan skor 600 sedangkan SDN 01 sagulung harus puas berada di posisi harapan 2 dengan skor 275. Disusul lomba langgam melayu tingkat SD yang diikuti 10 orang peserta antara lain dari SDN 007 Sei Beduk, SDS Kartini 2, 2 wakil dari SDN 003 Belakang Padang, SDN 001 Belakang Padang, SDN 001 Sagulung, SDN 001 Nongsa, SDS Al Barkah, SDS Yos sudarso, dan SDS Al Kaffah.

Adapun masing-masing peserta diwajibkan membawakan 2 lagu wajib dan pilihan yang telah dipilihkan oleh juri. Usai langgam melayu, sembari menunggu keputusan dewan juri, acara diteruskan dengan LCC tingkat SMP, yang diikuti oleh SMP IT Darussalam, SMPN 12 Batam, SMPN 3 Batam, SMP kartini 2 Batam, dan SMPN 29 Batam. Sebelum LCC baik SD maupun SMP, ditampilkan pula yel-yel dari masing-masing peserta LCC. Hasil LCC tingkat SMP, juara 1 diraih SMPN 29 dengan skor 1200, juara 2 SMPN 3 skor 1125, juara 3 SMPN 12 skor 975, juara harapan 1 SMP IT Darussalam dengan skor 300 dan juara harapan 2 diraih SMP Kartini Batam dengan skor 200.

Baca Juga  Varia Pendidikan Cepat Tepat dan Langgam Melayu Tingkat SD Hingga SMA se-Kota Batam

Di akhir acara, sebelum mengumumkan pemenang langgam melayu, ketiga dewan juri menyampaikan banyak poin terkait penampilan peserta, dikatakan dari 10 finalis langgam melayu hasilnya sedikit mengecewakan, karena ada hal yang kurang diperhatikan terutama ditujukan kepada guru pembina, bahwa lagu yang dibawakan peserta baik wajib maupun pilihan tidak mengikut arahan juri, sehingga akhirnya yang dinilai hanya lagu wajib. Mereka mengharapkan agar kedepannya peserta khususnya guru pembina mengikuti peraturan yang ditetapkan juri.Dikatakan tujuan tim juri yang telah menetapkan lagu wajib dan pilihan tersebut agar siswa sedini mungkin mengetahui ragam lagu melayu sesuai yang diarahkan, mereka bisa mengetahui beda antara langgam dengan lagu joget biasa.

Untuk juara langgam melayu, juara 1 diraih oleh Dhea Angelina (SDN 001 Belakang Padang) dengan skor 2851, juara 2, diraih M. jufrizal (SDN 003 Belakang Padang) dengan skor 1867, juara 3, diraih Andri Triani (SDS Al Kaffah) dengan skor 1850. Sedangkan untuk juara yel-yel SD dimenangkan SDN 02 Batu ampar, juara 1 yel-yel SMP dimenangkan SMPN 29 Batam.

Usai acara, kepada pers Syarif mengatakan agar kegiatan seperti bisa menjadi motivasi prestasi bagi siswa, untuk itu diharapkan dukungan sepenuhnya dari pihak orang tua siswa maupun guru/sekolah untuk lebih membina dan mengasah minat dan bakat serta kemampuan siswa baik dari segi akademik maupun non akademik. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *