Home / Internasional / Charlie Hebdo Terbitkan Karikatur Nabi Muhammad Dipenggal ISIS, Muslim Protes

Charlie Hebdo Terbitkan Karikatur Nabi Muhammad Dipenggal ISIS, Muslim Protes

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Majalah Perancis “Charlie Hebdo” kembali memancing kontroversi. Majalah mingguan itu, baru-baru ini, menerbitkan karikatur Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dipenggal ISIS.

Karikatur itu pun menuai protes dari umat Islam. Mulai pengguna sosial hingga kalangan jurnalis. Di Mesir, organisasi jurnalis mengutuk keras karikatur itu. Menurut mereka, karikatur itu telah menghina kesucian Idul Adha.

Organisasi pengacara Mesir juga menyerukan hal yang sama. Mereka meminta semua pihak untuk menghindari sikap menghina agama Islam yang tiada henti. Menurut organisasi ini, “Charlie Hebdo” merupakan salah satu media yang berhubungan dengan kepentingan Yahudi.

Dalam Islam, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tidak boleh digambar. Karenanya dalam buku-buku yang mengisahkan Nabi Muhammad, beliau hanya diilustrasikan dengan lafazh Muhammad dalam bahasa Arab. Pun, dalam film-film Islam, Nabi Muhammad tidak boleh diperankan secara kasat mata.

Sebelumnya, “Charlie Hebdo” telah berkali-kali menerbitkan kartun Nabi Muhammad dengan nada penghinaan. Pada Januari tahun lalu, majah itu bukan hanya menggambar Nabi Muhammad dalam bentuk kartun, tetapi juga menampilkan kisah Rasulullah dengan banyak gambar hinaan alih-alih memberikan informasi mengenai Nabi Muhammad.

Dua diantara olok-olokan itu tampak dalam kisah masa kecil Rasulullah. Komik Nabi itu menampilkan seorang bayi yang diasosiasikan sebagai Nabi semasa kecil. Bayi itu lebih sering dimunculkan dalam kondisi telanjang. Bagian lain yang lebih “norak” terdapat satu halaman dalam komik Nabi itu dimana bayi tersebut digambarkan menyusu asi pada beberapa payudara.

Sementara dari pihak Charlie Hebdo, mereka beralasan menampilkan karikatur Nabi Muhammad sebagai upaya edukasi untuk mengenalkan warga Perancis pada Islam dan Nabinya.

Baca Juga  Aksi Mengecor Kaki dengan Semen dan Berbagai 'Protes Ekstrem' Lain

About admin

Lihat Juga

Kemlu Serahkan 6 ABK Eks-Sandera di Benghazi ke Keluarga

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan serah terima enam orang ABK yang menjadi korban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *