Home / Daerah / Bupati Lingga Sampaikan Laporan Kegiatan Pertanggung Jawaban (LKPJ)

Bupati Lingga Sampaikan Laporan Kegiatan Pertanggung Jawaban (LKPJ)

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Bupati Lingga H Alias Wello menyampaikan Laporan Kegiatan Pertanggung Jawaban(LKPJ) akhir tahun anggaran 2015. LKPJ ini disampaikan pada rapat paripurna DPRD Lingga di gedung DPRD Lingga, Kamis (28/4). Dalam penyampaiannya Awe menyoroti Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sebagai serapan maksimal.

Hadir dalam sidang tersebut sebanyak 15  anggota DPRD Lingga, namun tidak hadir 5 anggota.  Satu diantaranya sedang Dinas luar, sehingga ketua sidang yang memimpin rapat Ketua DPRD Drs Riono menyatakan sidang kuorum. Sebelum menyampaikan laporannya, Alias Wello mengatakan sebelum  LKPJ  tahun 2015 ini di jabat  dua kepala daerah. Yakni masa kepemimpinan Bupati H Daria, selanjutnya Pj Bupati Lingga Edi Irawan.

LKPJ akhir tahun 2015 ini memang harus disampaikan  progres report kinerja pemerintahan ke DPRD. Dengan  dilandasi kemitraan saling melengkapi kebutuhan masyarakat. “Semua itu bersatu padu, bahu-membahu untuk mencapai yang terbaik pada 2016,”ujarnya.

Dari laporan yang disampaikan Awe, mengatakan perhitungan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lingga akhir tahun 2015 terealisasi sebesar Rp20,3 miliar yang ditargetkan sebesar Rp21 miliar atau mencapai 96,69 persen. Dengan sumber pendapatan terbesar  pada hasil pengelolaan kekayaan daerah dipisahkan paling tinggi, dan paling rendah dari sumber pendapatan yang sah.

Selanjutnya sedikit di sampaikan Awe, untuk tahun 2015 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga anggaran sebesar Rp11, 9 miliar, dan terealisasi Rp11,3 miliar atau mencapai 94,82 persen dengan 6 program. “Penyerapan ini cukup tinggi. Fokus program bupati nanti pertanian dan perikanan, maka kita apresiasi penyerapan ini,” jelasnya.

Mengenai PAD Lingga, Awe mengatakan mewujudkan PAD yang over target, karena ketergantungan daerah dari pemerintah pusat, maupun provinsi. Karena belum optimalnya penggalian peningkatan PAD serta belum optimalnya pemanfaatan ekonomi. Semacam optimisme, Awe mengatakan peningkatan target PAD menggali sumber pendapatan yang ada membuka gerakan investasi ramah investasi di tahun  2016, terangnya.

Baca Juga  Pemkab Lingga Targetkan 3.000 Hektare Lahan Sawah

Ditempat yang sama, pada penyampaian pandangan fraksi  Nasdemplus oleh Raja Mukhsin mengatakan terhadap pandangan LKPJ sangat apresiasi tugas Bupati. “Periode bupati yang baru supaya yang dalam  mendatangkan investor, agar tidak mengesampingkan fungsi kami DPRD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan Lingga tidak boleh berhenti,” pintanya.

Fraksi Partai Golkar melalui Agus Norman mengatakan apresiasi kepada bupati selaku Kepala Daerah. “Dengan transisi kepemimpinan kepala daerah. Mudahan keterlambatan ini tidak terjadi lagi. Indikator kerja manfaat diperoleh. Begitu juga Efesiensi,” katanya. (dok)

About admin

Lihat Juga

Luhut Berharap KEK Kabil Diharapkan Selesai Dalam Satu Hingga Dua Bulan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan industri Kabil Kota Batam Provinsi Kepulau Riau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *