Home / Politik / Bupati Karimun Masuk Saber Pungli Kepri
Bupati Karimun - Aunur Rafiq

Bupati Karimun Masuk Saber Pungli Kepri

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjung Balai Karimun – Kabupaten Karimun belum memiliki tim sapu bersih (saber) pungutan liar (pungli). Namun begitu, Bupati Karimun Aunur Rafiq disebut-sebut masuk ke dalam tim Saber Pungli tingkat Provinsi Kepri yang dilantik Gubernur Kepri, Nurdin Basirun belum lama ini di Kota Batam.

“Kita memang belum membentuk (tim saber pungli). Tapi begitu, pak bupati masuk ke dalam tim saber pungli bentukan pak gubernur di Batam belum lama ini. Posisinya antara pembina atau penasehat,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setkab Karimun, Muhammad Yosli.

Meski belum dibentuk, Yosli menyampaikan pesan Rafiq bahwa tidak menginginkan adanya peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) terjadi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Karimun. Apalagi orang nomor satu di Bumi Berazam tersebut sudah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi door to door ke kantor Camat dan Kelurahan.

Namun hal tersebut, terang Yosli khusus bagi pelayanan yang tidak melakukan pungutan, lain halnya dengan pelayanan yang sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) dan perundang-undangan yang diperuntukkan bagi retribusi daerah atau PAD.

“Kalau yang sudah diatur dalam perda bahwa ada retribusinya, kami harap masyarakat juga maklum, jangan langsung menyimpulkan itu pungli. Petugas juga diminta untuk memberikan pengertian dan penjelasan kalau ini memang ada retribusinya dan sudah diatur dalam perda,” kata Yosli.

Kepada masyarakat, Pemkab Karimun juga mengimbau agar dalam pengurusan dokumen dilakukan sendiri tanpa diwakilkan apalagi sampai menggunakan jasa calo yang akan menimbulkan biaya. Menurutnya, pengurusan dokumen sekarang sudah berlangsung mudah, cepat dan efisien. “Kalau persyaratannya lengkap, tidak akan memakan waktu lama, bahkan dalam satu hari bisa selesai,” sambungnya. (*)

Baca Juga  Sosialisasi LKPM Online di Karimun

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *