Home / Daerah / Batam / BPIH Batam Ditetapkan Sebesar Rp 32 Juta di 2018

BPIH Batam Ditetapkan Sebesar Rp 32 Juta di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk embarkasi Batam ditetapkan sebesar Rp 32.456.450. Besaran biaya ini tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 7 tahun 2018.

“Kita bersyukur BPIH 2018 sudah ditandatangani oleh Presiden yang selanjutnya kita akan menunggu petunjuk dari Menteri Agama tentang jadwal pelunasan bagi calon jamaah haji yang masuk porsi tahun ini,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Marwin Jamal, melalui rilis Kamis (12/4).

Ia mengatakan BPIH tahun ini mengalami kenaikan 0,9 persen dari tahun lalu. Penyebab kenaikan BPIH antara lain karena adanya perberlakuan PPN 5 persen terhadap barang dan jasa yang mulai diberlakukan oleh pemerintah Arab Saudi, naiknya Bahan Bakar Minyak (avtur) pesawat, dan Tarif Dasar Listrik (TDL) di Arab Saudi yang juga mengalami kenaikan.

“Komponen lain yang juga mempengaruhi kenaikan BPIH adalah perubahan nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat maupun Riyal Arab Saudi,” ujarnya.

Selain BPIH untuk jemaah haji reguler, Keppres 7/2018 ini juga mengatur BPIH untuk tim pemandu haji daerah (TPHD). Adapun besaran BPIH untuk TPHD embarkasi Batam yakni Rp 60.163.295. BPIH jemaah haji reguler digunakan untuk biaya penerbangan haji, sebagian biaya pemondokan di Makkah, dan biaya hidup (living cost). Sedangkan BPIH bagi TPHD digunakan untuk biaya penerbangan haji, biaya pemondokan di Makkah, biaya pemondokan di Madinah, biaya hidup (living cost), biaya pelayanan haji di luar negeri, dan biaya pelayanan haji di dalam negeri.(kartika-mcb)

 

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *