Home / EkBis / BP2RD Mengejar Piutang Pajak Untuk Menutupi Defisit APBD
Kepala Dinas Pendapatan Kota Batam Raja Azmansyah

BP2RD Mengejar Piutang Pajak Untuk Menutupi Defisit APBD

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) akan menagih piutang Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) guna menutupi defisit APBD 2017. Kepala BP2RD, Raja Azmansyah mengatakan ada Rp 300 miliar piutang PBB-P2 yang merupakan warisan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

“Kita lagi inventarisasi, bekerjasama dengan BPKP untuk lakukan klasifikasi. Piutang PBB yang besar, warisan dari KPP. Ada sekitar Rp 300 miliar, sejak 1994,” kata Azman di Bengkong, Senin (23/10).

Inventarisasi dan klasifikasi ulang perlu dilakukan. Karena ada juga beberapa lahan yang overlapping atau tumpang tindih. Misal di satu lokasi masih ada PBB-P2 untuk lahan induk. Padahal lahan tersebut sudah dipecah sertifikat. Selain PBB-P2, pajak daerah yang akan dikejar piutangnya adalah pajak restoran. Besarannya, menurut Azman, senilai Rp 4 miliar.

“Ini yang coba kita selesaikan untuk kejar defisit. Sejelek-jeleknya defisit kita 100 miliar dari pajak daerah,” kata dia.

Upaya yang dilakukan adalah dengan penagihan aktif. Langkah awal dengan menyurati semua wajib pajak yang tertunggak di tahun berjalan. Kemudian akan mempublikasikannya ke media massa guna menghimbau wajib pajak agar segera tunaikan kewajibannya.

“Kalau tidak juga, seminggu bersurat lagi. Setelah itu action ke lapangan. Nanti minta izin pimpinan, dibuat pengumuman, gedung ini tidak menunaikan kewajibannya membayar pajak. Jadi shock therapy. Kita siapkan instrumen yang sesuai regulasi Undang-undang 28 (tentang pajak daerah). Ini sudah ada contoh di beberapa daerah,” paparnya.

Adapun piutang PBB-P2 yang sudah tertagih saat ini sebesar Rp 5-7 miliar. Oleh karena itu Azman mengimbau wajib pajak untuk segera menunaikan kewajibannya kepada pemerintah.

“Pemerintah betul-betul membutuhkan sumber ini untuk biayai pembangunan,” ujarnya. (kartika/mcb)

Baca Juga  BP2RD Menargetkan 15 Wajib Pajak Baru Tiap Bulan

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Discovering Resources Tertarik Menginvestasikan USD 10 Juta di Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Perusahaan asal Tiongkok Discovering Resources menyatakan minatnya dan akan menanamkan modalnya sebesar USD10 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *