Home / Daerah / Batam / BP Batam Segera Menerapkan OSS Untuk Meningkatkan Pelayanan ke Investor

BP Batam Segera Menerapkan OSS Untuk Meningkatkan Pelayanan ke Investor

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan segera menerapkan sistem pelayanan “Online Single Submission” (OSS) guna meningkatkan pelayanan kepada para investor yang ingin berinvestasi di Pulau Batam.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto, di Batam, Rabu (14/2/19), mengatakan bahwa nantinya seluruh data perizinan berusaha yang ditujukan kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah akan berada dalam satu sistem OSS. Jadi, untuk kedapannya para investor tidak harus datang ke kementerian teknis untuk menyerahkan dokumen, karena bisa mendaftar melalui “online” dan dapat melakukan pelacakan berkas perizinannya dengan menggunakan telepon pintar.

“Data investor yang sudah teregistrasi dapat digunakan untuk mengurus perizinan dan tidak perlu lagi melakukan registrasi ulang saat mengurus perizinan lainnya. Misal investor dari Amerika, melalui perusahaannya bisa melakukan proses melalui sistem OSS tersebut,” ujarnya.

Ady menambahkan bahwa BP Batam sudah siap untuk menerapkan sistem OSS, baik dari sisi aplikasi jaringan dan konektivitasnya. Namun, saat ini pihaknya masih menunggu persiapan dari tim satuan tugas (Satgas) nasional yang menyatakan persiapan OSS sudah mencapai 70 persen. Pihaknya sudah melakukan uji coba untuk item pengalokasian lahan (PL) pada nomor surat lahan yang sudah terintegrasi dengan Pemkot Batam. Nantinya Pemkot Batam kata Ady dapat mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) dengan melakukan penarikan data dari pusat data sistem informasi (PDSI) BP Batam.

“Sistem OSS ini diluncurkan karena pemerintah ingin membuat calon investor benar-benar merasa mudah saat ingin mengurus perizinannya ketika masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Kedepannya, para investor yang berminat berinvestasi di Batam bisa masuk melalui website oss.go.id, namun untuk sementara masih menggunakan alamat ekon.oss.go.id. Setelah mendaftar setiap dokumen milik investor akan langsung diarahkan ke instansi berwenang. Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto mengatakan pemerintah pusat sendiri saat masih melakukan rekapitulasi jumlah perizinan yang ada di daerah. Pihaknya mengaku juga sudah menyampaikan kepada Kemenko Perekonomian, bahwasanya ada sekitar 117 perizinan yang saat ini ada dilayani di pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) BP Batam.

Pihaknya menargetkan akhir bulan ini bisa mendapatkan ISO 9001 201 sehingga pelayanan di BP Batam akan lebih baik. Saat ini tim konsultan akan melakukan audit di PTSP BP Batam untuk melihat pelayanan dan persyaratan yang dibutuhkan.

“Untuk mencapai itu tentu harus ada ‘Standard Operational Procedure’ (SOP) yang pasti dan kita lakukan ini tujuannya, untuk menjamin kepastian masyarakat dan dunia usaha yang mengajukan perizinan ke BP Batam,” katanya. (Ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *