Home / Serba-Serbi / BKC Batam Kembali Raih Juara Umum di Ajang International Karate Championship BKC Open III 2017
BKC Batam untuk kali ketiga rebut juara umum pertama di ajang International Karate Championship BKC Open III tahun 2017.

BKC Batam Kembali Raih Juara Umum di Ajang International Karate Championship BKC Open III 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seperti tak akan pernah ikhlas gelar juara umum yang telah diraih 2 kali berturut-turut lepas, kali inipun BKC Batam kembali boyong piala juara umum ajang bergengsi International Karate Championship BKC open III 2017, yang berlangsung selama 3 hari, kamis (10/8/17) hingga sabtu (12/8/17), di aula Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal Batam.

Ajang bela diri yang berlangsung tiap 2 tahun sekali itu, untuk tahun ini diikuti 7 negara, antara lain Malaysia, Indonesia, Singapura, India, Pakistan, Nepal, dan Srilanka. Adapun dari Indonesia yang ikut serta ajang ini antara lain Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Banten, DKI, Jawa Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan Papua Barat, dengan total keseluruhan partisipan 785 peserta.

Hadir pada saat pembukaan, Kadispora provinsi Kepri Maifrizon, ketum BKC dan sekjen federasi karate Asean Sea South Asian Karate Federation Agus Santoso, ketum pelaksana panitia BKC Surya Makmur Nasution, ketum pengda Kepri, Nyangnyang Haris Pratama, ketua FORKI, kapolresta Barelang (diwakili), dandim, danlanal, panglima gagak hitam dan staf, serta para juri.

Adapun Bandung Karate Club adalah klub karate berasal dari Bandung yang didirikan tahun 1966 oleh Iwa Rahadian Arsanata, dan kini sudah memiliki anggota 50 ribu dari 22 provinsi di Indonesia, sedangkan di Kepri sendiri sudah mencapai 1.100 anggota tahun ini.

Dalam sambutannya, Agus berpesan agar menjaga sportifitas selama bertanding serta senantiasa menjaga tali silahturahmi, juga mengucapkan selamat datang kepada peserta dari mancanegara.

Sebelum pembukaan dimulai, Maifrizon berkata di kejurnas karate Sumatera Barat, Kepri berhasil meraih 1 emas dan 2 perunggu sehingga ia berharap agar atlit Kepri bisa maju hingga tingkat internasional.

Pembukaan diawali dengan penyematan topi adat Riau, penyerahan piala juara umum kepada panitia, dan pemukulan gong serta atraksi dari karate club Singapura.

Dalam wawancara khusus, agus mengatakan bahwa motivasi dari ajang ini selain menjalin silahturahmi dengan semua anggota BKC dari daerah yang lain juga mendongkrak potensi pariwisata di Batam dan Kepri dengan ikutnya partisipan dari mancanegara.

“Batam dan Kepri kan saat ini mengalami kelesuan perekonomian, dari ajang ini bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak destinasi pariwisata di Batam dan Kepri dengan ikutnya para atlit dari Asean dan Asia Selatan, dan harapannya pemerintah kota maupun provinsi ikut mendukung ajang seperti ini, kalau tak di suport, bagaimana bisa anak-anak negeri ini bisa berprestasi, khususnya yang di Batam dan Kepri ini, ” ujar Agus.

Surya mengatakan tahun ini mengalami peningkatan jumlah partisipan, tahun lalu hanya 4 negara dengan total 500 an peserta saja, kini meningkat menjadi 7 negara dengan 785 peserta.

“Semoga kedepannya bertambah lagi partisipan yang ikut ajang ini,” harapnya.

Di hari penutupan, sebelum mengumumkan para juara, Surya mengatakan akan gelar kembali event yang ke IV tahun 2019 di Batam. Dan pada akhirnya, juara umum pertama kembali di boyong oleh BKC Batam yakni dengan perolehan medali 10 emas, 13 perak, 13 perunggu. Menyusul di tempat kedua yakni batalyon marinir A KKI, dengan perolehan medali 7 emas, 4 perak, 9 perunggu, dan di tempat ketiga di raih oleh Wndiksha Singaraja Bali dengan perolehan medali 5 emas, 2 perak, 1 perunggu. (dian) 

Rangkaian pembukaan hingga pengumuman juara ajang International Karate Championship BKC Open III tahun 2017.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *