Home / Wisata / Pembentukan Biro Pariwisata BP Batam untuk Menggerakan Pariwisata
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, di ruang kerjanya.

Pembentukan Biro Pariwisata BP Batam untuk Menggerakan Pariwisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pembentukan Biro Pariwisata di Badan Pengusahaan (BP) Batam dipastikan tidak akan menabrak apa yang sudah ditangani Pemkot Batam, namun justru dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, di Batam, Jumat, mengatakan sudah menyampaikan hal itu ke tim teknis Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (DK PBPB) bahwa instansi yang dipimpinnya akan membentuk Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru, salah satunya Biro Pariwisata. Pihaknya akan duduk bersama agar tidak ada kesalahpahaman dan melewati batas-batas kewenangan yang sudah ditangani Pemkot Batam.

“Tujuan pembentukan biro pariwsata ini untuk mengerakkan pariwisata di Batam dan itu ada juga di dalam Undang-Undang FTZ (free trade zone) bahwa salah satunya adalah pariwisata,” katanya.

Sebagai lembaga yang basis hukumnya Undang-Undang FTZ pihaknya juga bisa melakukan kegiatan pariwisata dan tidak melanggar apa yang sudah ditangani Pemkot Batam.

“Intinya kita tidak akan overlaping, terutama kami tidak akan mengurus hal-hal perizinan pariwisata, kita hanya menyiapkan destinasi dan mendorong kegiatan-kegiatan pariwisata,” ujarnya.

Sebelumnya Deputi 5 Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang mengatakan pihaknya akan melakukan restrukturisasi dan permohonan tersebut telah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB). DK PBPB lanjutnya sudah menyetujui dilakukannya restrukturisasi tersebut dan karyawan yang masuk dalam struktur baru nantinya diharapkan bisa mengemban tugas pokok dengan maksimal berdasarkan Undang-Undang yang telah diberikan kepada BP Batam.

Restrukturisasi BP Batam kata Bambang sudah dikirimkan ke DK PBPB dan ditembuskan ke Kemen PAN-RB. Deputi Kelembangaan Kemenpan RB Rini Widyantini katanya sudah datang untuk membicarakan langsung mengenai restrukturisasi dengannya.

“Deputi Kelembagaan Kemenpan datang ke sini sebagai konsultan dan mempertanyakan strukturnya seperti apa dan yang cocok dalam menghadapi era globalisasi ini,” ujarnya.

Kemenpan RB lanjutnya meminta BP Batam mengajukan struktur organisasi yang tepat termasuk penataan karyawan. Sehingga bisa menjalankan tugasnya secara profesional. Namun Bambang mengatakan belum ada pernyataan dari Rini menyatakan setuju atau tidak dengan pengajuan restrukturisasi di tubuh BP Batam. Saat ini kata Bambang masih dalam tahapan konsolidasi.

“Seminggu kemudian setelah saya memperbaiki struktur itu saya datang ke Jakarta untuk konsolidasi lagi,” katanya.

Deputi Kelembangaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Rini Widyantini mendatangi kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk mempertanyakan restrukturisasi yang diajukan Deputi 5 Bidang Pelayanan Umum Bambang Purwanto beberapa waktu lalu. Dalam kunjungannya tersebut Rini sempat melihat beberapa ruangan yang ada di gedung BP Batam. Sayangnya Rini enggan berkomentar apa yang menjadi tujuan utamanya bertandang ke kantor BP Batam. ”Saya hanya lihat-lihat saja,” katanya.(Ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Provinsi Kepri Ditargetkan Menjual 500 Paket Wisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Provinsi Kepulauan Riau ditargetkan menjual 500 ribu paket wisata dalam program hot deal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *