Home / EkBis / BI Sosialisasikan Uang NKRI ke ASN Batam

BI Sosialisasikan Uang NKRI ke ASN Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (BI Kepri) menyosialisasikan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Batam, Kepri, Senin.

“Penerbitan uang NKRI ini bisa dikatakan sejarah. Karena ini pertama kalinya BI menerbitkan 11 pecahan sekaligus,” kata Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra. Ia menjelaskan, dalam pecahan uang baru itu, pemerintah berupaya memberikan tanda pengaman lebih banyak agar tidak mudah dipalsukan.

Tanda pengamanan dalam uang emisi 2016 itu antara lain terdapat gambar tersembunyi yang menampilkan logo BI dan nominal uang jika dilihat dari sudut berbeda. Kemudian, juga terdapat fitur pelangi dalam mata uang. Bila dilihat dari sudut tertentu maka akan tampak nominal dalam multiwarna.

Dalam kesempatan itu, Gusti berupaya meluruskan isu penampakan logo palu arit di uang kertas baru. Ia mengatakan tidak ada logo tersebut dalam uang NKRI, melainkan tanda pengaman rectoverso atau gambar saling isi dari logo BI. Ia menegaskan, meski uang Rupiah baru sudah beredar, namun Rupiah yang lama tetap masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Sebelumnya, BI Kepri bersama perbankan juga telah melakukan sosialisasi uang NKRI ke pedagang-pedagang di pasar agar menerima uang baru sebagai alat transaksi keuangan yang sah. Gusti menyatakan, pada tahap awal BI Kepri mendistribusikan Rp60 miliar uang rupiah tahun emisi 2016 ke penjuru provinsi kepulauan itu.

Distribusi uang Rupiah baru dilakukan melalui perbankan yang ada di seluruh wilayah Kepri, sehingga tidak bisa ditentukan besaran uang yang dialirkan ke tiap kabupaten kota. (antara)

Baca Juga  Ini Bocoran Desain Uang Gambar Pahlawan Baru

About admin

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *