Home / Daerah / Batam / Berwisata ke Hutan Mata Kucing Batam

Berwisata ke Hutan Mata Kucing Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Hutan Mata Kucing mempunyai luas kurang lebih 200 hektar adalah salah satu tempat wisata yang ada di Batam adalah tempat wisata yang menawarkan keindahan hutan. Hutan Mata Kucing ini secara resmi dibuka untuk pariwisata pada tahun 2003 dan memiliki berbagai hewan dan tumbuhan di dalamnya seperti beruang, ikan arwana, burung, kucing, monyet siamang, biawak, dll. Ada lebih dari 20 hewan dilindungi disimpan di kawasan wisata hutan Mata Kucing. Hewan – hewan tersebut ditempatkan di kebun binatang mini di dalam hutan Mata Kucing. Selain berbagai jenis hewan, Kawasan Wisata Hutan Mata Kucing memiliki banyak tanaman tropis dan pohon-pohon, dan beberapa diantaranya adalah tanaman khas dari Batam dan juga dari tempat – tempat lain di Indonesia.

Bagi yang suka petualangan, menjelajahi kawasan hutan lindung pasti akan menjadi pilihan yang sangat atraktif. Namun, karena Hutan Mata Kucing dianggap sebagai hutan alam, dianjurkan untuk menyewa pemandu wisata lokal untuk menemani Anda ketika melakukan petualangan di dalam Hutan Mata Kucing. Pemandu lokal mungkin diperlukan untuk memimpin anda melalui hutan mata kucingini, selain itu pemahaman yang lebih baik dari situasi hutan (misalnya Satwa liar seperti ular dan babi hutan) sangat diperlukan. Total waktu ekspedisi menjelajahi tempat wisata Hutan Mata Kucing adalah sekitar 4 jam (perjalanan pulang, yang diperkirakan waktu untuk berjalan santai).

Sebuah taman bermain sederhana disediakan bagi pengunjung yang membawa anak-anak mereka. Atau mungkin mencoba keberuntungan Anda untuk melihat kawanan ikan arwana besar (panjangnya sekitar 1 meter) di kolam dekat kantin. Masyarakat setempat percaya bahwa jika ikan arwana besar tersebut dapat mendatangkan keberuntungan. Selain ikan arwana, di dalam kolam juga terdapat ikan lain seperti ikan alligator, ikan lele harimau, dll. Ada jembatan gantung melintas diatas kolam yang bisa menguji adrenalin saat melintasi kolam yang memiliki ikan raksasa.

Didekat kolam ikan terdapat juga paviliun berukuran kecil atau gazebo yang pengelola sediakan untuk para pengunjung beristirahat. Saat menikmati indahnya wisata hutan Mata Kucing para pengunjung dianjurkan untuk mamakai lotion anti nyamuk dan memakai celana panjang untuk menghindari gigitan nyamuk. Tempat wisata Hutan Mata Kucing sejauh ini telah dikunjungi oleh berbagai kelompok, mulai dari anak-anak muda untuk keluarga, baik dari dalam dan luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Perancis, Australia, dan Jepang.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Dua Investor China Langsung Tertarik Berinvestasi di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dua investor Cina langsung tertarik untuk investasi di Batam begitu mendengar penjelasan tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *