Home / Daerah / Batam / Bersnorkeling Menikmati Laut Pulau Abang

Bersnorkeling Menikmati Laut Pulau Abang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pulau Abang adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan kota Batam. Pulau ini menjadi tempat para wisatawan menikmati alam bawah laut dengan Snorkeling. Pulau Abang mempunyai ukuran kurang lebih 2.000 x 5.000 m, dan berjarak lebih kurang 50 km dari Muka Kuning. Pulau Abang dapat di Jelajahi dengan menggunakan perahu bot atau lebih dikenal pompong dari jembatan 6 Barelang (kurang lebih 12 km). Tepatnya di koordinat 0°33′54″LU,104°11′35″BT.

Keindahan bawah laut Pulau Abang di Kecamatan Galang Kota Batam tak kalah dibandingkan dengan Bunaken atau Raja Ampat di wilayah Timur Indonesia. Wilayah Pulau Abang terdiri dari beberapa pulau kecil dan sebagian besar perairan termasuk dalam Taman Konservasi Terumbu Karang. Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka UPT) Kawasan Konservasi Laut Daerah Kota Batam, Hamdayani mengatakan, sejumlah Turis Mancanegara sering mengunjungi Pulau Abang seperti dari Singapore, Norwegia, Philipina dan Malaysia. Para turis sangat menikmati keindahan bawah laut, sebab terdapat blue coral yang masih hidup dan aneka jenis ikan hias langka seperti ikan teri hijau.

“Di Pulau Abang terdapat spesies karang yang langka yaitu blue coral yang tidak ditemukan di tempat lain dimana blue coral ini hanya hidup di perairan yang jernih dengan kualitas air yang bagus,” kata Hamdayani.

Pulau Abang, Destinasi Wisata Bahari Nomor Satu di Pulau Batam

Pulau Abang ternyata juga sangat diminati oleh kalangan artis. Salah satunya adalah Mantan Puteri Indonesia (Nadine Chandrawinata). Saat mengunjungi Pulau Abang, ia sangat terlihat antusias untuk menyelami beberapa titik atau spot yang sangat menarik. Nadine melakukan Diving di Spot pertamanya disekitar perairan Pulau Abang Kecil yang banyak di tumbuhi Terumbu Karang.

Di Spot kedua dan ketiga, Nadine menemukan Keindahan bawah laut Pulau Abang (perairan Sepintu). Di Spot Sepintu, Nadine disuguhi oleh keindahan bawah laut yang di penuhi akar-akar pohon bahar yang memiliki bentuk dan ukuran yang menurutnya sangat unik dan memiliki karakter. Bahkan Nadine sempat berkeliling dan bermain-main cukup lama diantara akar-akar bahar dan Table Coral hingga akhirnya naik ke permukaan.

“Bagus banget, Aku nggak nyangka kalo laut Batam itu biru banget dan indah dari bawah. Disini aku lihat sangat berbeda dari tempat yang biasa aku selami. Dan aku rasa ditempat ini bisa menjadi tempat Surganya bagi para penyelam jika bisa dirawat dengan baik,” terang Nadine.

Lama berkutat di air, sudah pasti menimbulkan rasa lapar bagi semua orang tak terkecuali Nadine Chandrawinata, pasca melakukan penyelaman di bawah laut di sekitar perairan Pulau Abang. Dengan mengenakan baju sederhana namun sopan, Nadine meniti pelantar kayu menuju pemukiman warga di Pulau Abang guna menyantap makan siang yang telah di sediakan. Entah sudah tahu atau kebetulan mengetahui akan kedatangan Mantan Puteri Indonesia, hampir seluruh warga di Pulau Abang Kecil, langsung menyemut menghampiri Nadine.

Bahkan tak jarang dari warga setempat memanfaatkan momen tersebut dengan mengeluarkan handphone seluler dan langsung memfoto kegiatan Nadine sejak menginjakkan kaki di rumah tersebut hingga menyantap makanan khas melayu.

”Fotonya nanti ya, kita makan dulu,” terang Nadine sambil tersenyum ke sejumlah remaja di Pulau tersebut sambil menyantap makanan laut.

Pada kesempatan tersebut, Nadine juga memberikan sedikit nasehat ke para remaja untuk tidak melakukan aktivitas membuang sampah kelaut. Mengingat dengan tidak menjaga sampah di laut bisa membuat ekosistim bawah laut terawat dan terjaga. “Saat dibawah laut kita itu ibaratkan ikan, jadi makin banyak sampah dibawah maka akan membuat mereka (ikan) tak betah,” terangnya.

Pulau Abang dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil yang sebagian besar adalah kawasan konservasi terumbu karang. Taman-taman bawah laut yang indah menampilkan terumbu karang yang menarik dihiasi dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna dari banyak makhluk laut, yang merupakan pandangan yang menanti snorkelers dan penyelam bawah air jernih dari Pulau Abang. Kegiatan utama di sini adalah jelas diving dan snorkeling. Anda akan melihat dan menikmati keindahan dunia yang terletak di luar permukaan dengan semua makhluk laut yang berwarna-warni dan beberapa terumbu karang yang paling langka di Pulau Abang. (pulauabang/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Forum PLKP Kepri Berencana Membangkitkan Pariwisata Edukasi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (PLKP) Provinsi Kepri akan membangkitkan pariwisata edukasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *