Home / Daerah / Batam / Bersantai Setelah Lelah Bersnorkeling di Pulau Rano Batam

Bersantai Setelah Lelah Bersnorkeling di Pulau Rano Batam

  • Diantara pengunjung yang mampir di Pulau Rano biasanya menfaatkan tempat itu untuk bersantap siang. Tentunya dengan membawa bekal sendiri karena belum tersedia warung makan di pulau kecil tersebut. Tapi, tersedia meja kayu seadanya yang dapat dimanfaatkan sebagai meja makan.

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pulau Rano adalah pulau pilihan bersantai setelah lelah bersnokeling di sekitaran Pulau Abang. Orang Batam lebih familiar dengan Pulau Abang, pilihan berwisata yang gencar ditawarkan di Batam saat ini . Padahal, Pulau Rano pun tak kalah cantik sebagai tempat bertamasya. Udara pantainya sejuk, ada banyak pohon kelapa yang memberikan keteduhan dan mempercantiknya.

Diantara pengunjung yang mampir di Pulau Rano biasanya menfaatkan tempat itu untuk bersantap siang. Tentunya dengan membawa bekal sendiri karena belum tersedia warung makan di pulau kecil tersebut. Tapi, tersedia meja kayu seadanya yang dapat dimanfaatkan sebagai meja makan.

Next Prev

Next Prev

Selain makan, banyak pengunjung yang memilih menghabiskan waktu untuk duduk-duduk dan berfoto-foto di tepi pantai. Pemandangan Pulau Rano tak hanya memenuhi ‘vitamin sea’ Anda tetapi juga ‘vitamin see’ Anda. Pulau ini memberikan pemandangan laut dengan sederatan pulau kecil disekelilingnya. Di depan pantai terkadang juga ditemukan kapal nelayan yang berdiam. Tambahan properti untuk background foto pastinya. Gradasi air laut di pulau ini berwarna toska, pemandangan yang menggoda-goda mata. Alhasil, keinginan untuk berenang atau bermain air sayang untuk tidak dicoba.

Pulau Rano masuk ke dalam kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau. Bila mengambil trip ke Pulau Abang, umumnya penyedia jasa wisata menawarkan pengunjung untuk singgah di pulau berpasir putih tersebut. Hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit menggunakan boat dari Pulau Abang. Tempat bersnokeling memang lebih banyak di sekitaran Pulau Abang atau ke Pulau Dedap. Sebelum sampai di Pulau Rano, pengunjung dapat me-rekues ke penyedia jasa wisata untuk bersnokeling di Pulau Dedap juga.

Baca Juga  Panorama Laut dan Kampong Tradisional Melayu di Pantai Panau

FASILITAS

Sementara ini belum ada penginapan di pulau tersebut. Penginapan baru tersedia di Pulau Abang. Sekitar Rp 400 ribu/malam (bergantung penawaran jasa wisata). Biaya boat/trip sehari sekitar Rp 300-ribuan per orang (minimal 10 orang). Harga tersebut sudah termasuk biaya makan, fasilitas snorkeling dan foto bawah laut.

AKSES KE PULAU RANO

Untuk sampai di Pulau Abang bermula dari pelabuan Hasyim (Galang). Dari Batam belum tersedia kendaraan umum. Bisa sewa mobil atau motor. Biaya sewa mobil sehari kisaran Rp 250 ribu. Dari Batam, pengunjung langsung menuju pelabuhan Hasyim kemudian menyambung perahu (pompong) menuju pulau Abang. Durasi waktu perjalanan Pelabuhan Hasyim menuju Pulau Abang sekitar 20 menit. Jika memilih pergi sendiri, sewa boat Rp 35 ribu per orang. Sedangkan yang mengambil trip, harga trip sudah termasuk biaya perahu dari pelabuhan Hasyim. (sb/sw)

Sumber

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *