Home / Politik / Bawaslu Kepri: Panwaslu Tanjungpinang Sebaiknya Dibentuk Mei

Bawaslu Kepri: Panwaslu Tanjungpinang Sebaiknya Dibentuk Mei

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kepulauan Riau menyatakan proses pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Tanjungpinang sebaiknya paling lama Mei 2017 untuk mengawasi tahapan pilkada.

Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan pembentukan Panwaslu Tanjungpinang masih menunggu peraturan KPU terkait teknis pelaksanaan pesta demokrasi serentak tahun 2018.

“Kuncinya pada peraturan KPU, sebagai pedoman untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pilkada, termasuk acuan dalam pembentukan Panwaslu Tanjungpinang,” ujarnya.

Sampai sekarang belum diketahui berapa jumlah anggota Panwaslu Tanjungpinang yang akan direkrut mengingat ada perubahan ketentuan pilkada. Namun status Panwaslu Tanjungpinang tetap ad hock atau sementara.

Pemerintah dan DPR berjanji akan mengesahkan peraturan baru tentang pesta demokrasi itu paling lama akhir April 2017. Dari peraturan itu, penyelenggara pemilu dapat memproduksi peraturan teknis, yang menjadi pedoman bagi penyelenggara pilkada pada seluruh daerah.

“Bisa saja jumlahnya tiga orang, seperti tahun-tahun sebelumnya. Bisa juga jumlahnya lima atau tujuh orang, kami belum mengetahuinya,” ujarnya.

Indrawan mengingatkan KPU Tanjungpinang untuk bekerja keras dalam melaksanakan pilkada tahun 2018. Pilkada ini dinilai paling seksi karena satu-satunya dilaksanakan tahun 2018 di wilayah Kepri.

Seluruh pihak yang memiliki kepentingan politik akan fokus melihat dan mengatur strategi untuk memenangkan pilkada di ibu kota Kepri tersebut.

“Kami berharap KPU Tanjungpinang mempelajari penyelenggaraan pilkada dari daerah lain yang baru-baru ini dilaksanakan. Ini penting untuk menambah pengetahuan dan pengalaman,” katanya.

Indrawan menjelaskan dalam waktu dekat Bawaslu Kepri akan mendudukan permasalahan anggaran Pilkada Tanjungpinang dengan pemerintah setempat. “Kami juga akan tanyakan soal anggaran untuk Panwaslu,” ujarnya. (antara)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *