Home / Daerah / Batam / Batam Menjadi Tuan Rumah Penyerahan LHE AKIP 2017 Regional I
Wawako Batam Amsakar Achmad

Batam Menjadi Tuan Rumah Penyerahan LHE AKIP 2017 Regional I

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Batam menjadi tuan rumah penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) 2017 Regional I, meliputi kabupaten/kota se-Sumatera, Banten, dan Jawa Barat.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan LHE AKIP ini akan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Hotel Radisson pada Kamis dan Jumat (25-26/1).

“Diperkirakan akan hadir sebanyak seribu orang, terdiri dari perwakilan 172 kabupaten/kota dan 11 provinsi se-Sumatera,” sebut Wawako Senin (22/1).

Selain perwakilan kabupaten/kota dan provinsi, acara ini juga akan dihadiri oleh Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden RI, Sekretariat Kabinet, BPKP, Tim Independen RB, Universitas Indonesia dan media. Amsakar menjelaskan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi (LAKIP) menjadi Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) merupakan perwujudan kewajiban instansi Pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pemerintah. Bagaimana pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui alat pertanggungjawaban secara periodik.

“Program ini menindaklanjuti Intruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah,” tambahnya.

Kota Batam terus berupaya untuk meningkatkan nilai LKjLP setiap tahunnya, tentunya dengan melakukan langkah-langkah strategis. Tahun 2015 lalu, Kota Batam memperoleh predikat C pada tahun 2016 predikat yang dicapai CC. Harapannya pada tahun 2017 predikat yang diterima Kota Batam bisa mendapat nilai B, tentunya dengan adanya dukungan dari unsur perencanaan di Bapelitbangda Kota Batam.

Sebelumnya Kota Bandung, Jawa Barat yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan penyerahan LHE AKIP tahun 2016. Diharapkan melalui event nasional ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Batam dan dapat menghidupkan sektor pariwisata dan perdagangan di Kota Batam.

Event nasional lain yang akan digelar di Batam yakni Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang akan digelar pada 1-4 Februari di Hotel Radisson. Diperkirakan peserta yang hadir mencapai tujuh ribu orang.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *