Home / Daerah / Batam / Batam Kota Berhasil Merebut Piala MTQ XXIX Batam 2018 dari Batu Ampar
Camat Batu Ampar menyerahkan piala bergilir kepada Walikota Batam

Batam Kota Berhasil Merebut Piala MTQ XXIX Batam 2018 dari Batu Ampar

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kecamatan Batam Kota merebut piala MTQ Kota Batam dari Kecamatan Batuampar pada pagelaran MTQ XXIX Batam tahun 2018. Batuampar gagal mempertahankan gelar juaranya, dan hanya berhasil duduki posisi Juara II. Sedangkan juara III dimenangkan oleh Kecamatan Sei Beduk. Dan Kecamatan Sekupang berada di posisi IV.

Kecamatan Batam Kota unggul di beberapa cabang lomba. Diantaranya cabang hifzil Quran golongan 10 juz puteri. Kemudian cabang lomba tafsir Quran golongan Bahasa Inggris puteri, dan cabang Fahmil Quran puteri. Pada cabang khatil Quran atau kaligrafi, Batam Kota juga membawa beberapa gelar Terbaik I. Yakni pada golongan Hiasan Mushaf Putera, Dekorasi Putera, dan Kontemporer puteri.

Pelaksanaan MTQ tingkat Kota Batam ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena digelar di tengah pemukiman warga, yakni di Lapangan Gladi Bakar Jaya Kelurahan Tanjungriau Kecamatan Batam Kota. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan kegiatan MTQ diadakan di Tanjungriau karena ingin mengangkat harkat, martabat, dan ekonomi masyarakat Tanjungriau. Pada kesempatan tersebut Rudi juga menyampaikan maaf apabila dalam pelaksanaannya ada hal yang tidak mengena di masyarakat.

“Setelah ini kita akan menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Kepri yang akan dilaksanakan di Daik Lingga. Kita ingin menjadi juara umum yang kedua kalinya. Kepada Kemenag, ayo sama-sama setelah ini kalau boleh anak-anak kita TC (training centre) langsung. Supaya siap untuk membawa kembali piala kita. Sehingga menjadi hak kita pada 2020,” kata Rudi.

Tahun 2019, kata dia, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah si Tanjunguncang akan selesai. MTQ Kota Batam selanjutnya bisa dilakukan di masjid baru tersebut. Kepada masyarakat, Rudi mengingatkan agar ilmu agama tidak dilupakan. Karena Batam sedang dikembangkan jadi destinasi wisata. Wisatawan dari berbagai negara datang dengan membawa adat istiadat, kebiasaannya masing-masing.

“Ilmu agama jangan kita lupakan Bapak Ibu. Kita kembangkan Batam jadi destinasi wisata. Agama jadi benteng untuk anak-anak kita,” ujarnya. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *