Home / Daerah / Batam / Batam dan Sumbar Menjalin Kerjasama Wisata hingga Perdagangan
Walikota Batam, Muhammad Rudi menandatangani nota kerjasama (MoU) antara Pemerintah Kota Batam dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Penandatanganan dilaksanakan di ruang rapat pimpinan lantai lima Kantor Walikota Batam, Jumat (24/11).

Batam dan Sumbar Menjalin Kerjasama Wisata hingga Perdagangan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi bersama dengan Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno melakukan penandatanganan nota kerjasama (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan Pemerintah Provinsi (Pempov) Sumatera Barat (Sumbar). Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di ruang rapat pimpinan lantai lima Kantor Walikota Batam, Batam center, hari Jumat 24 Nopember 2011 yang lalu.

Berdasarkan MoU tersebut, kedua belah pihak telah menyepakati kerjasama yang dijalin meliputi tiga sektor. Sektor-sektor tersebut antara lain sektor pariwisata, sektor perdagangan, dan sektor pangan. Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mewakili Pemerintah Provinsi Sumatrea Barat menyampaikan ucapan terimakasih-nya atas sambutan positif yang diberikan oleh pihak Pemerintah Kota Batam.

“Kami berterimakasih atas dukungan dari Bapak Walikota yang telah menyambut baik kerjasama ini,” sebut Irwan.

Menurut Irwan Prayitno, penandatanganan MoU antara Pemko Batam dan Pemprov Sumbar ini merupakan tahap awal untuk menjalin kerjasama kedua belah pihak. Sedangkan untuk perkembangannya akan dilanjutkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Melalui MoU ini diharapkan dapat saling mengisi dan saling menguntungkan serta membantu perekonomian masing-masing daerah.

Di sektor pangan, kata Irwan, padi yang dihasilkan dari Sumatera Barat selalu mendapat penghargaan dari Presiden karena produksi padi melebihi 5 persen. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat mengatur perekonomian. Surplus padi di Sumbar bisa dibawa ke Batam yang bukan daerah penghasil.

“Sebaliknya pada sektor pariwisata, Sumbar mengharapkan limpahan wisatawan mancanegara dari Batam. Wisman Batam lebih dari 1,5 juta, sedangkan Sumbar masih puluhan ribu,” ujarnya.

Ide mengenai kerjasama ini tercetus saat Gubernur Sumbar berkunjung ke Batam dalam rangka Sumatera Barat Expo 2017 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (9/11) lalu. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan tindak lanjut dari MoU ini nantinya akan dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. (mcb/*)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

OJK Menegaskan Investasi Bitcoin Tidak Miliki Izin di Indonesia

“Ada risiko jika bertransaksi dengan bitcoin dan menkominfo sudah membuat ancang-ancang untuk mem-blokirnya” HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *