Home / Internasional / Arab Saudi Menjadi Contoh Keberhasilan Pemangkasan Produksi Minyak OPEC

Arab Saudi Menjadi Contoh Keberhasilan Pemangkasan Produksi Minyak OPEC

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Harga minyak mentah dunia pada Kamis (5/1) kemarin kembali ditutup naik. Dipastikan Arab Saudi telah memangkas produksi minyak mentahnya sesuai dengan kesepakatan negara-negara pengekspor minyak atau OPEC. Seperti yang telah dilansir oleh laman Reuters, pada hari Jumat, 6 Januari 2017, harga minyak mentah Amerika Serikat atau West Texas Intermediate (WTI) telah ditutup naik 50 sen per barel. Atau 0,9 persen menjadi di harga US$ 53,76 per barel. Sedangkan, harga minyak mentah berjangka Brent naik sebesar 44 sen per barel menjadi di harga US$ 56,90 per barel.

Sebelumnya, harga minyak dunia mengalami kenaikan yang didorong oleh penguatan dolar Amerika Serikat. Berdasarkan sumber yang berada di Teluk Arab, pengurangan produksi yang dilakukan oleh Arab Saudi pada Januari 2017 mencapai 486 ribu barel per hari. Total produksi minyak mentah Arab Saudi menjadi sebesar 10,06 juta barel per hari. Dengan adanya berita tersebut, maka dapat diartikan bahwa Arab Saudi sebagai produsen minyak mentah terbesar di dunia itu memegang kunci dari keberhasilan kesepakatan November 2016 yang menghasilkan keputusan negara anggota OPEC ingin mengurangi produksinya.

Sebelumnya dikabarkan bahwa harga minyak dunia sempat mengalami tergelincir pada awal tahun 2017 oleh karena pemerintah Amerika Serikat yang melaporkan adanya peningkatan besar pada stok bensin dan meningkatnya persediaan minyak pada awal tahun 2017 ini. (viva/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *