Home / Daerah / Batam / Aplikasi Pengurusan Izin Usaha Segera Diluncurkan Pemko Batam

Aplikasi Pengurusan Izin Usaha Segera Diluncurkan Pemko Batam

Kepala BPM-PTSP Batam Gustian Riau
Kepala BPM-PTSP Batam Gustian Riau

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Direncanakan bulan November 2016 nanti Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan meluncurkan aplikasi smartphone untuk mempermudah proses pengurusan izin usaha bagi pelaku usaha di Batam. Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Batam, Gustian Riau menjelaskan bahwa aplikasi pelayanan ini hanya untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA).

Di Gedung DPRD Batam, Selasa 18 Oktober 2016, Gustian Riau juga mengatakan bahwa untuk bulan november ini SIUP, TDP, dan IMTA akan didahulukan penggunaannya.

Gustian Riau juga menjelaskan bahwa saat ini Pemko Batam telah bekerja sama dengan Pemko Surabaya terkait peluncuran Aplikasi Online Pengurusan Izin Usaha tersebut dengan mempelajari “Surabaya Single Window” yakni pusat pelayanan terpadu Pemerintah Surabaya secara Online. “Kita sudah bekerjasama sama Surabaya, aplikasinya melalui handphone,” jelasnya lagi.

Sesuai dengan arahan dari Wali Kota Batam, persiapan online termasuk software dan perangkat yang dibutuhkan untuk bulan November tersebut telah siap. Oleh karena itu, untuk saat ini pihak Pemko Batam sedang membahas bersama dengan anggota DPRD Batam untuk dianggarkan pembiayaannya ke dalam rancangan APBD-P 2016.

“Karena software-nya, perangkat komputer dan lainnya sudah siap. APBD-P yang kita minta kalau bisa,” katanya lagi. Lebih lanjut Gustian Riau mengrharapkan untuk kedepannya mengenai pengurusan izin usaha cukup melalui system saja, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang bertemu petugas dan tidak ada lagi pemohon yang mengantri di PTSP. (sk-sw)

Baca Juga  Walikota Memberikan Apresiasi Atas Dukungan Swasta dalam Pembangunan

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *