Home / Daerah / Batam / APBD Batam 2017 Hampir Rampung

APBD Batam 2017 Hampir Rampung

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefriddin  mengatakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Batam tahun 2017 hampir rampung. Saat ini, APBD 2017 tengah dibahas dan dalam proses finalisasi (selesai).

“Kami harap minggu ini sudah diketuk, kalau perlu hari ini (kemarin, red),” kata Jefriddin usai bertemu dengan tim banggar DPRD Kota Batam, kemarin siang.

Dikatakannya, keterlambatan pengesahan APBD hanya masalah keterbatasan anggaran. Banyak yang mengajukan kegiatan untuk masuk dalam APBD 2017, namun anggaran untuk Kota Batam tak bisa memenuhi. Karena itu dalam pembahasan, ada tarik menarik kegiatan yang menjadi prioritas. Sehingga sesuai dengan APBD 2017 yang hanya Rp 2,5 triliun.

“Finalisasi hanya masalah keterbatasan anggaran. Kalau semuanya ditampung, harus ada anggaran Rp 6-7 triliun, padahal anggaran kita hanya Rp 2,5 triliun,” terang Jefriddin. Menurut dia, finalisasi untuk APBD 2017 masih berpatok pada kerangka yang dibuat tim anggaran Pemko Batam. Karena semua kegiatan yang diajukan dalam kerangka APBD 2017 itu sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan.

“Kita memakai anggaran dari Pemko, usulan baru tidak boleh masuk lagi. Tak boleh ada kegiatan baru, harus sesuai dengan RKPD,” tegas Jefriddin. Jefriddin juga menegaskan, dalam pembahasan APBD tak ada kegiatan yang dikurangi. Hanya saja, pihaknya menyamakan pokok pikiran dengan tim banggar DPRD Kota Batam. Apalagi beberapa waktu lalu, tim banggar DPRD Kota Batam sempat meminta bukti dari mana kerangka RKPD didapat oleh tim anggaran Pemko.

“Kita sudah serahkan buktinya, makanya APBD dalam minggu ini bisa diketok. RKPD kita yang jelas sudah melalui musrembang kelurahan, kecamatan, kota hingga DPRD,” beber Jefriddin. Tak hanya itu, Ia juga menegaskan prioritas penggunaan APBD 2017 difokuskan untuk infrastruktur, yang hampir mencapai 30 persen dari APBD. Sedangkan  bidang pendidikan sekitar 21-23 persen. “Infrastruktur paling ditinggikan, karena itu sesuai dengan tujuan RPJMD Pemko Batam,” sebut Jefriddin mengakhiri. (she/bpos)

Baca Juga  Nurdin Minta Anggaran Perjalanan Dinas Pemko Batam Dikurangi

About admin

Lihat Juga

Discovering Resources Tertarik Menginvestasikan USD 10 Juta di Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Perusahaan asal Tiongkok Discovering Resources menyatakan minatnya dan akan menanamkan modalnya sebesar USD10 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *