Home / Politik / Amsakar: Kalau Batam Jadi Provinsi, Nanti Kepri Sesak Nafas
Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad.

Amsakar: Kalau Batam Jadi Provinsi, Nanti Kepri Sesak Nafas

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad, menilai Batam secara Pandapatan Asli Daerah (PAD) sudah memenuhi persyaratan untuk dijadikan provinsi.

Namun, Amsakar menambahkan jika Batam dimekarkan maka berdampak kepada Provinsi Kepulauan Riau, karena 50-60 persen perekonomian ditopang oleh Batam.

“Nanti Provinsi Kepri jadi sesak napas, dan kabupaten/kota lainnya di kepri masih cukup berat untuk mencari PAD,” kata Amsakar, Rabu (14/2017).

Selain itu, katanya, “dari sisi rentang kendali wilayah, dengan pulau-pulau terluar yang lain, masih bisa dijangkau hanya satu jam perjalanan jadi belum ada kendala, lalu untuk jumlah kota/kabupaten, belum memenuhi, hanya ada satu kota di Batam ini.”

Jadi menurut Amsakar, soal menjadikan Batam sebagai provinsi hanyalah wacana saja. “Silahkan, tapi saya fikir terlalu prematur untuk saat ini,” ujar Amsakar.

Menurutnya, ada sejumlah indikator yang harus disiapkan untuk provinsi khusus diantaranya: jumlah penduduk, rentan kendali wilayah, jumlah kab/kota yang menopang, potensi PAD.

Selain itu, Provinsi Kepulauan Riau juga baru saja dimekarkan dari Provinisi Riau. Sehingga masih terlalu dini untuk menjadikan Batam ataupun Barelang (Batam Rempang Galang) menjadi provinsi khusus.

Sebetulnya, yang memiliki ide untuk menjadikan Batam sebagai Provinsi Khusus adalah BJ Habibie yang adalah tokoh pembangun Batam. Ia menyebutkan bahwa Batam sudah layak menjadi provinsi khusus seperti DKI Jakarta.

Sejumlah anggota dewan dan pengusaha juga sepakat dengan ide Habibie dan sangat diterima masyarakat Batam.

Belakangan muncul lagi beberapa ide yang sebetulnya hanya meniru konsep dari Habibie cuma hanya membedakan namanya saja, seperti Provinsi Khusus Bareleng. (bn)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *