Home / EkBis / Akhir Tahun Ini, PGN Rampungkan 5.000 Sambungan Gas Rumah Tangga

Akhir Tahun Ini, PGN Rampungkan 5.000 Sambungan Gas Rumah Tangga

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Proyek 4.000 sambungan gas rumah tangga penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) hampir rampung. Pipa gas telah terpasang. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menunggu keputusan Kementerian ESDM untuk mengalirkan gas bumi ke rumah tangga-rumah tangga tersebut.

“Ini kan proyek APBN jadi butuh validasi segala macam,” kata Kepala Pemasaran PGN Area Batam, Amin Hidayat.

Selain proyek tersebut, PGN telah merampungkan 300 sambungan gas rumah tangga dalam program PGN Sayang Ibu. Dengan demikian, hingga akhir tahun nanti, PGN telah menyambungkan pipa gas ke 5.000 rumah tangga di Batam.

“Angka ini masih sesuai dengan rencana kami,” tambahnya. Amin mengatakan, PGN Area Batam terbuka terhadap para investor yang ingin menggunakan gas bumi. Infrastruktur yang dimiliki PGN Area Batam saat ini masih cukup untuk menambah pelanggan.

Penggunaan gas bumi di Batam, saat ini, mencapai 60 BBTUD. Amin mengatakan, kapasitas gas bumi yang ada masih cukup untuk melayani lebih banyak pelanggan. “Kami masih bisa dua kali dari penggunaan sekarang,” tutur Amin.

Selain pelanggan rumah tangga, PGN juga menyalurkan gas bumi untuk sektor komersil. Hingga saat ini, PGN sudah menyalurkan gas bumi ke 27 pelanggan komersil seperti hotel dan restoran. Serta 39 industri skala kecil hingga besar di Batam. Satu contohnya, Best Western Premiere Panbil Hotel yang telah dialiri gas bumi sejak 2 Desember lalu. Selain itu, Kedai Mi Terempak juga telah sepakat untuk menggunakan gas bumi.

“Salah satu penggunaan gas bumi di Best Western Hotel itu untuk laundry. Gas untuk laundry ini sangat efisien. Untuk bangunan tinggi, saya rasa lebih bagus dengan gas bumi,” tuturnya. (bp/ceu)

Baca Juga  Gas PGN Solusi Masalah Elpiji di Batam

About admin

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *