Home / Daerah / Batam / Ada 9 Ribuan BPNT Belum Terdistribusi
Walikota Batam Muhammad Rudi Foto bersama penerima kartu BPNT.

Ada 9 Ribuan BPNT Belum Terdistribusi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Saat ini ada 9.747 jatah kartu bantuan pangan non tunai (BPNT) untuk kota Batam yang tidak bertuan. Penyebab belum terdistribusikannya Kartu BPNT ini disebabkan oleh karena keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah pindah, meninggal, dan menyatakan sudah mampu atas dasar kesadaran diri. Rinciannya yaitu 5.327 pindah alamat, 3.417 alamat tak jelas, 55 pulang kampung, 218 meninggal, dan 20 sudah mampu.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam mengatakan ada 710 yang double PKH (program keluarga harapan). Jadi PKH ini menerima BPNT, kartu indonesia pintar, bantuan ibu hamil. Makanya BPNT tidak boleh double dengan PKH.

Terhadap hampir 10 ribu kartu yang tidak terdistribusi ini, pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengganti data penerimanya. Namun penerimanya tetap harus berdasarkan data warga miskin dari Badan Pusat Statistik dan Kementerian Sosial. Untuk penggantian ini, pemerintah daerah diberi batas waktu hingga 20 Desember mendatang.

“Misal 5.000 sudah kita ganti, nanti yang sisanya dikembalikan dulu ke pusat. Januari 2018 kita ajukan lagi. Gantinya tak boleh luar dari data BPS dan Kemensos. Kalau tidak ada di data mereka, tak masuk,” ujarnya.

BPNT ini merupakan program pemerintah pusat. Besar bantuannya yaitu Rp 110.000 per bulan. Dana ditransfer ke rekening bank tiap KPM. Uang tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli bahan pokok berupa beras dan gula di e-warung atau agen yang bekerjasama dengan program ini. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan bantuan sosial seperti ini tak hanya dianggarkan oleh pusat, tapi juga daerah. Dan ia menegaskan bahwa pemerintah daerah tidak akan menghilangkan bantuan-bantuan tersebut.

“Yang lain meskipun ditunda, yang ini tidak ditunda, karena menyangkut hajat hidup. Jatah untuk masyarakat tidak akan saya kurangi. Tetap akan berjalan, tidak akan di-hold. Semua ini bisa dilakukan kalau Pemko Batam punya PAD besar. Pusat saja tanpa tim daerah tak akan sempurna. Tim daerah jalan kalau kami punya uang,” kata Walikota Batam, Rudi. (*mcb/y)

Baca Juga  Wali Kota Batam Mengajak Karang Taruna Turut Membangun Batam

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *