Home / Politik / Calon Independen Tanjungpinang Wajib Kantongi 14.602 Dukungan

Calon Independen Tanjungpinang Wajib Kantongi 14.602 Dukungan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Calon kepala daerah dari jalur independen pada Pilkada Tanjungpinang, Kepulauan Riau, wajib mengantongi 14.602 dukungan atau 10 persen dari daftar pemilih tetap dalam penyelenggaraan Pemilu terakhir.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, di Tanjungpinang, Jumat, menyatakan, pada pesta demokrasi yang terakhir kali diselenggarakan di kota ini yakni Pilkada Kepri 2015, KPU mencatat jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 146.207 orang.

“Syarat untuk menjadi calon independen ditetapkan KPU Tanjungpinang pada 10 September 2017 berdasarkan UU Pilkada,” ujarnya.

Dukungan kepada calon kepala daerah dari jalur independen ditandatangani dengan menyerahkan fotokopi Kartu Tanpa Penduduk milik pendukung.

Robby menegaskan, verifikasi terhadap dukungan yang diberikan kepada pasangan calon independen dilakukan menyeluruh oleh petugas di tingkat kelurahan atau Panitia Pemungutan Suara (PPS), bukan dengan cara acak.

Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan dan PPS sendiri akan dilaksanakan pada Oktober hingga November 2017.

Petugas PPS, lanjut Robby, akan menjumpai warga yang memberikan dukungan terhadap calon independen tersebut satu per satu pada November hingga Desember 2017.

Penelitian terhadap hasil verifikasi faktual di tingkat kelurahan dilaksanakan pada 12-25 Desember 2017, kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi pendukung sah terhadap calon independen di tingkat kecamatan.

Tiga hari kemudian, akan dilaksanakan rapat pleno di KPU Tanjungpinang.

“Tahapan selanjutnya, pada 8-10 Januari 2017 pembukaan pendaftaran calon independen. Verifikasi persyaratan pencalonan dilaksanakan selama dua bulan,” ujar Robby.

Robby mengemukakan, sudah ada tim dari pasangan bakal calon independen yang datang mengunjungi KPU Tanjungpinang untuk meminta persyaratan pencalonan, yakni Umar dan Edi Saprani.

“Sebelumnya juga ada yang tertarik menjadi calon independen, tetapi tidak berlanjut,” kata dia. (antara)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *