Home / EkBis / 6 Miliar Batang Rokok Beredar Di Batam

6 Miliar Batang Rokok Beredar Di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Direktorat Lalu Lintas Barang Badan Pengusahaan (BP) Batam memperkirakan peredaran rokok di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau mencapai enam miliar batang per tahun. Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam Tri Novianta Putra, di Batam, Selasa, mengatakan jumlah tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya pada 2015 lalu. Ia menyatakan dari enam miliar batang rokok, 4,8 miliar merupakan rokok premium yang didatangkan oleh distributor ke Batam dan 1,2 miliarnya merupakan rokok noncukai.

“Jika dalam kemasan diperkirakan ada sekitar 300 juta rokok atau setara dengan 30 juta slop yang akan beredar di Batam,” katanya. Jika dipersentasekan, lanjutnya, rokok merek premium yang beredar di Batam sekitar 72 sampai dengan 80 persen dan rokok lokal 20 sampai 28 persen.

Pada 2017, katanya, ada 22 perusahaan yang mengajukan permohonan kuota rokok. Tapi hanya 12 perusahaan yang akan diproses pengajuannya dikarenakan 10 perusahaan lagi tidak direkomendasikan karena melanggar aturan di bidang kepabeanan dan cukai.

BP Batam, lanjutnya, akan memastikan perusahaan rokok yang diberikannya kuota punya rekam jejak yang bersih dan pihaknya melakukan survei keberadaan pabrik rokok untuk menghindari adanya perusahaan bodong. Rokok noncukai kata Tri hanya boleh beredar di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (PBPB) Batam dan perusahaan baru bisa memproduksi setelah mendapatkan kuota dari BP Batam.
Guna melihat rekam jejak perusahaan yang mengajukan permohonan kuota pihaknya akan bekerja sama dengan Bea dan Cukai Kota Batam dan akan menjadi pertimbangan utama BP Batam dalam memberikan kuota. (**)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *