Home / Wisata / 6 Hal yang Membuat Tulisan ‘Welcome to Batam’ Jadi Istimewa
Foto :net

6 Hal yang Membuat Tulisan ‘Welcome to Batam’ Jadi Istimewa

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Bila anda sedang ke Batam rasanya kurang lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk jalan-jalan ke salah satu landmark di Kota Batam ini. Landmark “WELCOME TO BATAM” adalah landmark yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Batam pada tahun 2010 dengan anggaran dana sebesar Rp 472,4 juta, dan langsung “booming” di Kota Batam. Banyak dari kalangan anak muda yang menjadikan WELCOME TO BATAM sebagai latar belakang saat berfoto-foto. Dan banyak juga yang mengatakan kalau tulisan ini mirip tulisan Hollywood yang terkenal di Los Angeles, Amerika Serikat.

Ada 6 Hal yang Membuat tulisan “WELCOME TO BATAM” menjadi begitu istimewa,  karena :

  1. Tulisan Welcome To Batam merupakan salah satu daya tarik untuk menyambut Wisatawan yang tiba di Kota Batam. Tulisan putih besar ini terdapat di Bukit Clara, Batam Centre, berjarak kurang lebih 300 meter dari dataran Engku Putri yang juga berdekatan dengan Kantor Wali Kota dan Mesjid Agung kota Batam.
  2. Tulisan Batam ini dibuat supaya Pemerintah dan Masyarakat dapat menyapa langsung para wisatawan yang baru tiba dari luar negeri. Simbol ini sengaja dibangun di atas Bukit Clara karena menghadap langsung ke Terminal Feri Internasional Batam Centre. Setiap wisatawan yang datang bisa langsung melihat tulisan itu.
  3. Tulisan Welcome To Batam merupakan salah satu Monumen kebanggan Kota Batam ini pernah nyaris hilang. Hal tersebut terjadi pada bulan Oktober 2014. Monumen ini terancam longsor karena proyek pembangunan dari salah satu perusahaan property yang melakukan pengerukkan Bukit Clara, tempat monumen ini berdiri. Namun akhirnya, pada bulan november 2014, Pemerintah Kota Batam dan perusahaan tersebut sepakat untuk menghentikan selamanya proyek pengerukan bukit tersebut.
  4. Tulisan Welcome To Batam mempunyai ukuran tulisan yang bisa membuat berdecak kagum. Tulisan “Welcome to Batam” berukuran sekitar 6 meter dan tinggi 10 meter, dikerjakan oleh PT Hadi Lestari. Setiap huruf dalam simbol kota itu berukuran 10 m kali 5 m, dan tulisan berada di ketinggian 52 meter di atas air laut saat pasang tertinggi. Tulisan “Welcome to Batam” mempunyai panjang huruf dari ‘W’ sampai ‘M’ mencapai 120 meter, lebar huruf ‘W’ dan ‘M’ sama-sama 10 meter dan lebar huruf lainnya 6 meter. Untuk berat huruf ‘W’ mencapai 4,5 ton, sedangkan ‘E’, ‘M’ dan ‘B’ masing-masing mencapai 4 ton, dan ‘L’, ‘C’, ‘O’, ‘T’, ‘B’ dan ‘A’ mencapai 3 sampai 3,5 ton.
  5. Pemandangan dari atas tempat tulisan Welcome To Batam juga terlihat sangat indah. Dari sana, anda dapat melihat Masjid Agung Batam, Gedung Batam Pos, gedung Pemko Batam dan Mega Mall.
  6. Tulisan “Welcome to Batam” ini dijaga sangat ketat. Area tulisan Welcome To Batam biasanya dijaga oleh satpol PP atau dikunci dan dikelilingi pagar dengan “hiasan” kawat berduri super tajam.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tahun 2018, 70 Persen Even Wisata Batam Berskala Internasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Event merupakan salah satu pilar yang tak kalah penting dalam pengembangan pariwisata. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *